• 15 April 2024

Ikan Jadi Solusi Permasalahan Stunting di Banten

Jagadtani - Pemerintah sedang berupaya dalam mengatasi permasalahan stunting pada anak - anak hingga 14 persen pada 2024 . Stunting menjadi penyebab terhambatnya tinggi badan anak. Permasalahan ini disebabkan akibat kurangnya asupan gizi dalam jangka waktu panjang sehingga mengakibatkan terganggunya pertumbuhan pada anak. 

Dalam mengatasi stunting, kandungan gizi pada ikan dapat menjadi solusi. Di Provinsi Banten, program gemar makan ikan telah dilakukan dengan mengajak dua ribu peserta. Langkah tersebut salah satu kunci keberhasilan provinsi Banten dalam menurunkan angka stunting. 

Untuk diketahui Provinsi Banten merupakan salah satu lokus prioritas percepatan penurunan stunting. 

Dalam ajang Festival Ikan Nusantara (FINA) 2023 yang berkolaborasi dengan AQUAFEST 2023, Eli Susiyanti SH., M.Sc dari Dinas KKP Provinsi Banten mengatakan sangat menyambut Dan mengapresiasi diadakannya kegiatan ini di Banten."Sesuai dengan tema FINA 2023, Ikan dapat mencegah terjadinya stunting maka sangat tepat diadakan di kota Banten. Dalam HUT Provinsi Banten, terdapat kegiatan yang mengajak dua ribu orang untuk berperan dalam gemar makan ikan sehingga bertujuan mengentaskan permasalahan stunting di Provinsi Banten."

Eli Susiyanti SH., M.Sc  Dinas KKP Provinsi Banten"Eli Susiyanti SH., M.Sc Dinas KKP Provinsi Banten"

Menekan pertumbuhan angka stunting dapat dilakukan dengan mengkonsumsi ikan. Pemerintah telah mengkampanyekan Gerakan Makan Ikan (GEMARIKAN) karena kandungan pada ikan terdapat sumber gizi (protein berkualitas tinggi, kandungan asam lemak omega 3 tinggi, sumber vitamin A, D, sumber mineral, rendah kalori dan rendah lemak jenuh).

Anak- anak yang terkena stunting akan mulai terlihat pada usia dua tahun, sehingga sejak masih bayi dibutuhkan asupan gizi seimbang. Kekurangan gizi dapat terjadi sejak bayi dalam kandungan dan masa awal kehidupan setelah lahir, jadi stunting bukan dari faktor keturunan. 

Mari Gemar Makan Ikan

Related News