• 28 April 2024

Antisipasi Dampak El Nino, Klaten Aktifkan Lumbung Pangan 

Jagadtani - Pemerintah Kabupaten Klaten, Jawa Tengah menginstruksikan desa-desa di wilayahnya untuk mengaktifkan kembali lumbung pangan. Instruksi tersebut sebagai langkah antisipasi dampak El Nino berupa kemarau panjang.

Hal tersebut disampaikan Bupati Klaten Sri Mulyani saat kegiatan Sambang Warga di Desa Tegalrejo, Kecamatan Ceper, Selasa (10/10/2023). Menurutnya, El Nino berupa kemarau panjang berpotensi menyebabkan inflasi bahan pangan karena berkurangnya hasil panen terutama padi.

"Cuaca yang ekstrim ini menyebabkan kebutuhan pangan kita perlahan naik harganya. Mulai dari pangan beras yang mulai ada kenaikan di pasaran. Bahkan ada jenis beras yang dikategorikan medium saja sudah tembus hingga Rp 16.000 per kilogram. Karena itu dampaknya perlu diwaspadai," ujarnya.

Bupati Klaten Sri Mulyani dalam kegiatan Sambang Warga di Desa Tegalrejo, Kecamatan Ceper"Bupati Klaten Sri Mulyani dalam kegiatan Sambang Warga di Desa Tegalrejo, Kecamatan Ceper"

Sri Mulyani mengatakan, lumbung pangan digunakan sebagai kontrol harga bahan pangan sehingga tidak membebani masyarakat. Lumbung tersebut dapat dimanfaatkan untuk menyediakan bahan pangan terutama beras bagi masyarakat dengan menampung hasil panen petani lokal dan dikeluarkan sesuai kebutuhan masyarakat.

"Kami minta pemerintah desa juga menghimbau petani di daerahnya untuk tidak segera menjual habis hasil panennya saat ini karena harga gabahnya yang tinggi. Tapi sebaiknya ada yang disimpan kebutuhan pangan selanjutnya," paparnya.

Antisipasi Dampak El Nino, Desa Aktifkan Lumbung Pangan "Antisipasi Dampak El Nino, Desa Aktifkan Lumbung Pangan "

Sri Mulyani juga menjelaskan lumbung pangan sudah pernah digulirkan semasa pandemi Covid-19 dan terbukti sukses membantu mencukupi kebutuhan masyarakat. Ia berharap lumbung pangan kembali dihidupkan sebagai antisipasi dampak El Nino yang semakin panjang.

"Ini sebagai langkah antisipasi jika kemarau terjadi hingga Desember nanti, tentu akan terjadi banyak kelangkaan. Karena itu, saya minta semua kepala desa untuk menghidupkan kembali lumbung pangannya," katanya.

Bupati Klaten Sri Mulyani dalam kegiatan Sambang Warga di Desa Tegalrejo, Kecamatan Ceper"Bupati Klaten Sri Mulyani dalam kegiatan Sambang Warga di Desa Tegalrejo, Kecamatan Ceper"

Dalam kesempatan Sambang Warga tersebut, bupati juga menyalurkan bantuan dari Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Klaten kepada masyarakat yang membutuhkan.

Related News