• 2 March 2024

Langkah Perdana Merawat Ikan Mas Koki Kontes

"Pakem penilaian ikan mas koki pada kontes masih belum ada perubahan, poin plus yang dapat menunjang nilai adalah warna tubuh. Tapi komposisi tubuh antara kepala, badan dan ekor harus seimbang."

 

Jagadtani - Penghobi ikan mas koki semakin berkembang, terlebih dengan adanya kontes ikan hias. Mereka saling berlomba untuk menghadirkan Goldfish atau Mas Koki yang berbahasa latin Carassius Auratus Auratus andalannya demi merebut gelar juara. Hingga saat ini, dalam penilaian ikan mas Koki pada kontes masih menggunakan pakem yang belum berubah dengan fokus pada tiga hal.

Menurut Reyner dari Komunitas Mas Koki Indonesia (KMKI) yang bertugas sebagai juri dalam Aquafest 2023, mengatakan sistem penilaian pada kontes masih tetap sama. Tiga hal yang diperhatikan dalam adalah struktur tubuh, kerapian dan warna dari ikan mas koki.

Reyner - Komunitas Mas Koki Indonesia "Reyner - Komunitas Mas Koki Indonesia "

"Sampai saat ini metode penilaian yang digunakan pada Komunitas Mas Koki Indonesia (KMKI) atau pakemnya masih belum ada perubahan. Ada tiga hal yang menjadi faktor sebagai penilaian dalam kontes ikan mas koki, tetapi keseluruhan harus seimbang agar dipilih juri sebagai nominasi hingga merebut juara." ungkap Reyner - Komunitas Mas Koki Indonesia (KMKI).

 Tips Merawat Ikan Mas Koki Kontes" Tips Merawat Ikan Mas Koki Kontes"

Namun dalam perawatan ikan mas koki kontes, hal yang paling diperhatikan adalah filterisasi dalam aquarium. "Dasar dari merawat ikan mas koki terletak pada filterisasi. Dalam arti filterisasi pada kolam atau aquarium harus sebesar tiga puluh persen atau sangat mumpuni. Tujuannya ikan dapat hidup dengan sehat tanpa ada kotoran sisa makanannya."

Dengan filter yang bagus, maka sahabat tani dapat mulai meningkatkan pemberian pakan tanpa takut menjadi kotoran yang tersisa di dalam kolam atau aquarium ikan mas koki. 

 Cara Merawat Ikan Mas Koki Kontes" Cara Merawat Ikan Mas Koki Kontes"

"Dengan meningkatkan pemberian pakan, tentu diharapkan ikan mas koki bahan yang akan diikutkan kontes dapat lebih bulky maupun kekar. Bayangkan bila filterisasi yang kurang bagus, maka kesehatan ikan mas koki dapat terancam karena kolam atau aquarium kotor. " lanjut Reyner.  

Selain filterisasi yang bagus, Sahabat Tani juga harus memastikan media untuk berkembang yang tidak terlalu sempit agar pergerakan ikan tidak terbatas. Setelah berhasil merawat ikan mas koki dengan baik, selanjutnya belajar memilih ikan yang potensial untuk mengikuti kontes ikan mas koki. 

 Merawat Ikan Mas Koki Kontes" Merawat Ikan Mas Koki Kontes"

"Banyak yang telah menjelaskan tentang bagaimana cara memilih bahan ikan mas koki untuk kontes, tetapi terkadang melupakan sistem filter atau menganggap enteng kebersihan dari aquarium. Jadi belajar merawat ikan mas koki merupakan bagian penting agar tidak rugi."

Filtersasi yang tidak bagus akan berpotensi membuat ikan mas koki mati, tentu akan sangat merugi bila ikan kontes tersebut berharga selangit.

 

Related News