• 4 May 2024

Hari Pangan 2023, Air Adalah Kehidupan

Jagadtani - Hari Pangan Sedunia atau World Food Day 2023 setiap tahunnya diperingati pada 16 Oktober, untuk tahun ini bertema Air adalah Kehidupan, Air adalah makanan. Air memiliki peran penting dalam kehidupan bagi seluruh makhluk hidup. Dengan perubahan iklim ekstrem atau EL Nino memang membuat banyak sektor kehilangan sumber air. 

Tentu tidak salah bila pada hari pangan sedunia 2023 berfokus pada air dan pemanfaatannya. Begitu pentingnya air karena lebih dari 50% tubuh makhluk hidup dan menutupi 71% permukaan bumi adalah air sehingga memegang peranan bagi manusia, alam, perokonian hingga pondasi pangan.

Ketersediaan hingga kualitas air yang menurun karena penggunaan maupun pengelolaan membuat sumber air semakin terancam. Bahkan kekeringan yang melanda sangat berpengaruh pada berbagai sektor, khususnya pertanian. Krisis pangan global pun mengintai seluruh dunia, berbagai cara dilakukan agar stok pangan dapat terjaga.

Peringatan Hari Pangan Sedunia berada di bawah Organisasi Pangan dan Pertanian PBB atau Food and Agriculture Organization of the United Nations mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk lebih bijak dalam menggunakan air. 

Saat ini, 2,4 miliar orang tinggal di negara-negara yang kekurangan air. Banyak dari mereka adalah petani kecil yang sudah berjuang untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, khususnya perempuan, masyarakat adat, migran dan pengungsi.

Hari Pangan 2023, Air Adalah Kehidupan"Hari Pangan 2023, Air Adalah Kehidupan"
 

Bahkan demi sumber air, terjadi persaingan yang semakin meningkat seiring dengan semakin meningkatnya kelangkaan air dan berujung konflik. Termasuk rakyat Palentina yang harus mengantri demi mendapatkan suplai air bersih akibat dari konflik dengan Israel. 

Sekitar 600 juta orang yang hidupnya bergantung pada sistem pangan perairan, menderita dampak polusi, degradasi ekosistem, praktik tidak berkelanjutan, dan perubahan iklim.

Tentunya seluruh pihak, termasuk masyarakat harus peduli dengan ketersediaan air dan mulai melakukan pengelolaan agar lebih efisien dalam penggunaan air.

 

 

Related News