• 2 March 2024

Faktor Penyebab Bebek Lambat Berkembang

Jagadtani - Bebek sebagai hewan unggas yang terkenal 'bandel' pada penyakit, dapat berkembang tanpa mempedulikan kondisi kandang. Istlahnya dianggap tidak masalah hidup di kandang yang Kotor.

Namun tanpa disadari, kebersihan kandang menjadi faktor utama dalam kesehatan dan juga tumbuh kembangnya bebek. 

Menurut Mulyadi pemilik peternakan bebek Mener yang berada di daerah Depok, kebersihan pada kandang faktor utama dalam penunjang perkembangan bebek. Jika kandang Kotor maka mempengaruhi kesehatan bebek peliharaannya. 

Faktor Penyebab Bebek Lambat Berkembang"Faktor Penyebab Bebek Lambat Berkembang"

"Saya memastikan seluruh kandang harus dibersihkan setiap hari, minimal satu hari sekali. Kotoran bebek yang menumpuk dapat menimbulkan berbagai penyakit sehingga perkembangan bebek terhambat, atau malah mudah mati." Ungkapnya Mulyadi pada tim Jagadtani.

Oleh sebab itu, banyak yang sengaja membuat kandang di atas empang ikan. Tujuannya agar lebih mudah membersihkan kandang, genangan yang tersisa dapat menimbulkan masalah lainnya. 

"Kalau saya lebih menyukai berternak bebek di atas empang, jadi kotoran langsung turun ketika disemprot air. Jadi tidak ada genangan air hasil campuran sisa pakan dan kotoran bebek yang mungkin dikonsumsi bebek." Lanjutnya 

Di Tengah musim kemarau atau El Nino, Mulyadi mengakui pasokan air mulai mengecil sehingga membutuhkan waktu lebih lama dalam membersihkan kandang bebeknya. 

Faktor Penyebab Bebek Lambat Berkembang"Faktor Penyebab Bebek Lambat Berkembang"

Mulyadi pun mengakui harus sering memeriksa pasokan air minum bebeknya yang saat ini berjumlah hampir 1.200 ekor ini. "Air minum harus dikontrol, jangan sampai kekurangan karena saat udara panas membutuhkan asupan air cukup tinggi."

Selain air, pola makan juga menjadi faktor lambatnya perkembangan bebek. Untuk dapat mengejar masa panen dalam waktu 40 - 45 hari, Mulyadi memberikan pakan sebanyak empat kali dalam sehari. 

"Untuk pakan saya memberikan pur pabrikan yang dicampur dengan ampas tahu. Jika tanpa ampas tahu,, pastinya biaya perawatan akan tinggi, nanti malah gagal." Pungkasnya.

Related News