• 3 May 2024

Penjualan Sapi Menurun di Pasar Hewan Jonggol

Jagadtani - Berbeda dengan waktu Hari Besar Keagamaan (HKB) Idul Adha, penjualan seluruh hewan ternak di pasar hewan Jonggol mengalami penurunan yang cukup besar. 

Dari hasil kunjungan tim Jagadtani ke pasar hewan Jonggol yang menyediakan hewan ternak, meliputi sapi, kerbau, kambing dan domba terjadi penurunan penjualan setelah hari Raya Idul Adha.

Menurut Marsjal sebagai pengelola pasar hewan Jonggol, penjualan hewan ternak mengalami penurunan hingga pencapai enam puluh persen dibandingkan hari Raya Idul Kurban. 

"Setelah lebaran kurban, hingga saat ini penjualan telah mengalami penurunan secara bertahap Dan sekarang mencapai enam puluh persen" ungkapnya Marsjal pada Kamis (19/10).

Marsjal pengelola pasar hewan Jonggol "Marsjal pengelola pasar hewan Jonggol "

Sebenarnya, peningkatan penjualan hewan ternak di pasar hewan Jonggol juga terjadi ketika memasuki hari Raya Idul Fitri. Walau penjualannya sebesar ketika menjelang Hari Raya kurban.

Kondisi pasar hewan Jonggol "Kondisi pasar hewan Jonggol "

Pasar Hewan Jonggol yang merupakan satu - satunya pasar hewan yang di kelola oleh swasta (koperasi serbs usaha Abdi Negara), tersedia berbagai jenis sapi, mulai dari limosin, pegon, simental, PO, dan lainnya. 

Pasar Hewan Jonggol "Pasar Hewan Jonggol "

Seluruh sapi maupun hewan ternak yang dijual di Pasar Hewan Jonggol dipastikan dalam kondisi sehat. Hal ini dipastikan oleh pengelola agar memberikan kenyamanan dan keamanan bagi para penjual. 

Sapi Brangus di pasar hewan Jonggol "Sapi Brangus di pasar hewan Jonggol "

"Seluruh hewan ternak yang dijual di Pasar Hewan Jonggol harus melalui tes kesehatan yang dilakukan oleh dinas kesehatan dari Kementerian pertanian. Jadi pembeli tidak usah khawatir tentang kesehatan hewan yang dibeli di sini." Pungkas Marsjal pada tim Jagadtani.

 

Related News