• 19 April 2024

Pala Hutan Ditemukan di Gunung Picis -Jatim

uploads/news/2023/10/pala-hutan-ditemukan-di-18363578da8d74d.jpg

Dalam rangka memgeksplore, Summer Camp 2023 berhasil menemukan Pala Hutan (Myristica teysmannii) pada 15 Oktober 2023. Spesies ini merupakan flora endemik yang terbilang langka saat ini..

Tentu menjadi kejutan dalam ajang yang bertajuk Eksplorasi Keanekaragaman Hayati di Cagar Alam Gunung Picis dan Gunung Sigogor. Penemuan besar ini dibantu oleh Heri Santoso dari Yayasan Generasi Biologi Indonesia 

Myristica teysmannii Miq. atau dikenal dengan nama Durenan, Palan, Kosar atau Kayu Resep adalah salah satu spesies yang masuk dalam kategori endangered atau genting menurut IUCN dengan kriteria EN B1+2C. Artinya tumbuhan ini memiliki risiko kepunahan yang sangat tinggi di alam dalam waktu dekat dan berisiko menjadi kritis. 

Pala Hutan memiliki penyebaran yang jarang dan di Jawa Timur hanya dapat dijumpai pada kawasan Pacitan, Gunung Kawi, Gunung Wilis, Gunung Anjasmoro, dan Pulau Sempu. Tim Monitoring Kehati Malang Selatan juga melaporkan dijumpainya tumbuhan ini di wilayah Malang Selatan mulai sisi Barat hingga wilayah Lebakharjo di sisi Timur.

Penemuan ini menjadi kolaborasi hebat antara Petugas Balai Besar KSDA Jawa Timur, peserta Summer Camp, dan masyarakat lokal yang berani menjelajahi lokasi sulit di kawasan cagar alam. 

"Pala Hutan adalah temuan luar biasa, memberikan kontribusi besar pada pemahaman kita tentang keanekaragaman hayati di Gunung Picis," ujar Heri Santoso.

Dengan temuan ini, Summer Camp 2023 menjadi momen bersejarah yang membangkitkan kesadaran akan kekayaan alam Indonesia. Penemuan Pala Hutan tidak hanya memperkaya ilmu pengetahuan tetapi juga menjadi dorongan kuat bagi pelestarian alam.

Yayasan Konservasi Elang Indonesia dan Pertamina Integrated Terminal Surabaya turut mendukung kegiatan eksplorasi bertajuk Summer Camp ini. Penemuan Pala Hutan, yang hanya ada di beberapa tempat di Jawa Timur, mengukuhkan pentingnya upaya pelestarian. 

Related News