• 9 May 2024

Arab Saudi Miliki Pertanian Terluas Di Dunia

uploads/news/2023/10/negara-tandus-justru-miliki-3601808c1328eeb.jpg

Jagadtani - Siapa yang menyangka, negara Arab Saudi yang terkenal tandus justru memiliki lahan pertanian terluas di dunia. Dengan luas 3,2 juta meter persegi berhasil mencatatkan dalam Guinness World Records di bidang pertanian. 

Dilansir dari Arab News, Pertanian ini merupakan perpanjangan dari unit penelitian pertanian air yang telah diremajakan di Lembah Bin Hashbal atau tepatnya terletak di wilayah Asir.

Keberhasilan pertanian ini membuat Menteri Lingkungan Hidup, Air dan Pertanian Abdulrahman Al-Fadhli menerima sertifikat penghargaan dari Guinness World Records dalam upacara yang diadakan oleh Saudi Reef Program di kantor pusatnya di Riyadh.

Wakil Menteri Lingkungan Hidup, Air dan Pertanian Mansour Al-Mushaiti, Sekretaris Jenderal Program Terumbu Karang Ghassan Bakri dan staf kementerian lainnya menghadiri upacara tersebut.

Lahan pertanian dengan total luas mencapai 3,2 juta meter persegi, dibagi menjadi dua bagian, masing-masing berisi tangki beton berkapasitas 500 meter kubik dan jaringan irigasi otomatis untuk seluruh tanaman di ladang.

Di dalam pertanian ini juga terdapat lima rumah ber-AC dan terlindung serta bangunan lainnya. Untuk pengairan tanaman, lahan pertanian bergantung pada air olahan, dimana prosesnya dilakukan melalui beberapa tahapan oleh para ahli dan spesialis.

Terdapat 50 ladang pohon buah-buahan, ditambah 20 ladang lainnya yang akan direstorasi dan ditanami kedepannya. Berbagai hasil pertanian diperoleh berkat budidaya semanggi, lemon, jeruk, jeruk keprok, delima, anggur, buah ara, almond, dan zaitun.

 

 

Related News