• 4 May 2024

Cara Mudah Bebek Menetaskan Telur Secara Alami

uploads/news/2023/10/cara-mudah-bebek-menetaskan-36071de40255517.jpg

Jagadtani - Pada saat ini, berkembang biak bebek atau itik angat bergantung pada mesin penetas. Langkah tradisional untuk menetaskan telur bebek dapat dengan menitipkan pada entok yang sedang mengerami. 

Telur bebek yang dibuahi oleh penjantan biasanya dapat menetas setelah dierami dalam waktu 28 hari. Waktu pengeraman ini yang membuat telur bebek tidak bisa titip eram pada indukan ayam karena hanya mengerami selama 21 hari. 

Sementara telur entok baru menetas setelah dierami selama 35 hari sehingga dapat membantu penetasan telur itik atau bebek. 

Secara ilmiah, bebek bertelur di tempat yang berbeda atau tidak pada sarang seperti ayam atau entok. Begitu pula dengan. Ukuran bentangan sayap yang tidak panjang juga menyulitkan bebek mendapatkan suhu ideal dalam mengerami telurnya. 

Walau tidak jarang ada bebek yang mau dan berhasil mengerami telurnya hingga menetas. 

Ada langkah yang dapat dilakukan Sahabat Tani dalam membuat indukan bebek mau mengerami telurnya. Pola awal dengan menggabungkan indukan dengan unggas lainnya yang biasa mengerami telur, seperti ayam, entok maupun angsa. 

Dalam kandang bebek juga wajib diberikan wadah atau sarang untuk bebek mengerami telurnya. Posisi sarang bebek harus jauh dari kemungkinan terkena air.

Sesuai karakter bebek yang kerap bertelur di mana pun, maka Sahabat Tani harus mengumpulkan telurnya pada sarang tersebut. 

Namun, sebelum mengumpulkan telur bebek pada sarang buatan maka pastikan telur fertil atau hasil pembuahan pejantan. Cara cukup menyinari dan memastikan ada embrio setelah inkubasi selama empat hari.

Kesabaran menjadi kunci dalam keberhasilan menerapkan bebek mau mengerami telurnya. Tetapi jika ingin cepat dan hemat dapat dengan menitipkan telur pada unggas yang sedang mengerami. 

 

Related News