• 8 May 2024

Bukan AHY, Justru AAS Terpilih Menteri Pertanian

uploads/news/2023/10/bukan-ahy-justru-aas-25456fbb8fbef33.jpg

Jagadtani - Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo berencana melakukan reshuffle pada kabinet pada hari ini (25/10). Awalnya rumor mengatakan bahwa AHY sebagai kandidat terkuat, namun justru Andi Amran Sulaiman (AAS) yang ditunjuk sebagai Menteri Pertanian terbaru 

Kekosongan jabatan Menteri Pertanian setelah Syahrul Yasin Limpo terjerat kasus korupsi, memang sementara ditempati oleh Plt Menteri Pertanian - Arief Prasetyo Adi. 

Kini jabatan Menteri Pertanian telah diserahkan kepada Andi Amran Sulaiman, sejatinya beliau pernah menjabat sebagai Menteri Pertanian pada masa jabatan 2014 - 2019.

Diperoleh dari berbagai sumber, selain pernah bekerja di PTPN XIV, dirinya juga dikenal sebagai pendiri Tiran Group dengan lini bisnis di antaranya PT Tiran Indonesia (tambang emas), PT Tiran Sulawesi (perkebunan tebu dan sawit), PT Tiran Makassar (distributor Unilever), PT Tiran Bombana (emas, timah hitam), PT Tiran Mineral (tambang nikel).

Pria kelahiran Bone, 27 April 1968 merupakan lulusan sarjana dan pascasarjana pertanian di Universitas Hasanuddin, Makassar, Sulawesi Selatan. 

Secara garis keturunan, Andi Amran Sulaiman merupakan adik dari Andi Sudirman Sulaiman, Gubernur Sulawesi Selatan periode 2022-2023. Beliau juga keturunan darah biru Bone dari La Tenri Tappu, Raja Bone ke-23.

Dengan kembalinya menjabat sebagai Menteri Pertanian tentu akan banyak berkonsentrasi dalam mensejahterakan petani hingga mengejar target swasembada beras maupun gula. 

Selamat dan sukses pak, Salam Jaga Tani.

 

 

Related News