• 28 April 2024

Mengintip Kebahagiaan Hewan di Shelter JAAN Domestic

"Harus melalui tahapan yang membuat anjing, kucing hingga kuda untuk dapat berada di shelter ini. Kesehatan menjadi bagian terpenting agar tidak menulari yang telah lebih dahulu di sini."

Jagadtani - Sebenarnya cukup banyak organisasi non profit yang fokus pada menyelamatkan hewan peliharaan. Salah satunya Jakarta Animal Aid Network (JAAN) Domestic yang telah berdiri sejak 15 tahun lalu.

Dengan beragam program untuk menyelamatkan hewan, JAAN Domestic juga memiliki shelter untuk menampung hewan yang berada di daerah Gunung Sindur, Bogor - Jawa Barat. 

Dengan luas lebih dari lima ribu meter persegi, shelter ini terbagi dalam beberapa area untuk memisahkan antara kucing, anjing dan kuda. 

Kucing setelah steril di klinik JAAN Domestic "Kucing setelah steril di klinik JAAN Domestic "

Tim Jagadtani berkesempatan mengunjungi untuk melihat langsung seluruh kegiatan para relawan dalam merawat hewan dengan kasih sayang. 

Baik kucing, anjing maupun kuda yang berada di shelter merupakan hewan hasil rescue atau penyelamatan. Dengan perawatan yang dilakukan secara telaten, membuat hewan dapat kembali sehat dan aktif. 

Dalam kunjungan tim Jagadtani, langsung didampingi oleh Drh. Merry Ferdinandez, M.si sebagai  Ketua Yayasan JAAN Domestic dan juga para staf.

Drh. Merry Ferdinandez M.si"Drh. Merry Ferdinandez M.si"

Menurut Drh. Merry Ferdinandez, M.si, kesejahteraan hewan seperti anjing, kucing dan kuda masih membutuhkan perhatian khusus. Terlebih pada isu perdagangan anjing yang dijadikan bahan makanan bagi manusia.

Banyak penyebab yang membuat hewan peliharaan 'dibuang' oleh pemiliknya. Termasuk kondisi sosial yang menurun sehingga tidak sanggup memelihara hewan kesayangan ini.

"Untuk rescue merupakan hasil dari laporan masyarakat, selanjutnya kami akan menindaklanjuti dengan memastikan kondisi hewan tersebut. Maksudnya kami tidak bisa langsung menyelamatkan bila hewan tersebut tidak bermasalah dengan lingkungan." Ungkapnya.

Kuda hasil rescue JAAN Domestic "Kuda hasil rescue JAAN Domestic "

Untuk dapat memasuki shelter harus melalui tahapan pemeriksaan hingga karantina. "Setelah melalui tahapan pemeriksaan, selanjutnya ada treatment khusus yang dilakukan agar dapat dijadikan satu dengan anjing atau kucing yang telah lebih dulu berada di dalam shelter."

Sebagai organisasi non profit, Jakarta Animal Aid Network Domestic mengandalkan donasi dari berbagai pihak, termasuk menjual berbagai merchandise merupakan sumber dananya.

Sahabat Tani dapat menjadi bagian melalui 'orang tua' asuh bagi seluruh hewan di sini.

Related News