• 30 May 2024

Rhino Goes To School, Peduli Sejak Dini

uploads/news/2023/11/rhino-goes-to-school--850229dfc37c4eb.jpeg

Memberikan informasi hingga mengajak untuk peduli pada alam semesta dapat dilakukan sejak usia dini. Dengan memberikan penyuluhan demi kepedulian konservasi pada siswa tingkat sekolah dasar (SD) yang dikemas dalam kegiatan 'Rhino Goes to School', tentu diharapkan dapat meningkatkan rasa peduli mereka pada Badak.

Melalui 'Rhino Goes to School', dapat menjadi jembatan dalam memberikan pengetahuan dan pemahaman agar mengenal ekosistem dan lingkungan sekitar, sehingga tumbuh rasa kesadaran untuk menjaga dan melestarikan ekosistem Badak. Saat ini populasi Badak Jawa dan Badak Sumatera terancam punah. Bahkan badan International Union for Conservation of Nature [IUCN], telah menetapkan Badak Jawa dalam status Kritis [Critically Endangered/CR] atau satu langkah menuju kepunahan di alam.

Rhino Goes to School (RGTS) telah dilaksanakan di 20 sekolah dasar yang berada di kecamatan Sumur dan Cimanggu, kabupaten Pandeglang - Banten. Tentu pemilihan ini sangat sesuai karena merupakan kawasan penyangga Taman Nasional Ujung Kulon, habitat dari Badak Jawa.

Pelaksanaan penyuluhan RGTS telah dilaksanakan pada 25 September (SDN Padasuka 2), dilanjutkan pada 11 - 14 Oktober pada 19 sekolah dasar lainnya. Kegiatan ini dilaksanakan oleh Penyuluh Kehutanan, staf BTNUK dan keterlibatan Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Kab. Pandeglang @hmicabangpandeglang_ , masing-masing Tim memberikan penyuluhan untuk 4 SD yang tersebar di wilayah Kecamatan Sumur dan Cimanggu.

Penyuluhan diwakili oleh 25 anak didik dari kelas IV s.d VI untuk setiap sekolah dasar, mereka akan mendapatkan beragam materi tentang Perlindungan hutan, Pengawetan hutan serta Pemanfaatan hutan diberikan oleh para penyuluh sebagai pengetahuan semenjak dini. Dengan meningkatkan kepedulian serta keinginan para generasi muda untuk menjaga, merawat serta melindungi kawasan TNUK baik hutannya, flora dan faunanya.
 
Tentu tujuannya agar seluruh siswa dapat mengetahui dan menjadikan kebiasaan dalam menjaga alam khususnya Taman Nasional Ujung Kulon, dan masing-masing sekolah yang dikunjungi mendapatkan dana pembinaan sebesar 1 Juta rupiah yang di support oleh Pertamina Energi Terminal Tanjung Sekong.
 
20 sekolah dasar negeri yang dikunjungi dalam kegiatan 'Rhino Goes to Scholl', terdiri dari: SDN Ujungjaya 1, SDN Cigorondong, SDN Kertajaya 2, SDN Mangkualam 1, SDN Rancapinang 1, SDN Ujungjaya 2, SDN Tunggaljaya 1, SDN Tangkilsari 2, SDN Cibadak 1, SDN Rancapinang 2, SDN Tamanjaya 1, SDN Tunggaljaya 2, SDN Cimanggu 2, SDN Tugu 2, MI Ciakar, SDN Tamanjaya 3, SDN Kertamukti, SDN Waringin Kurung 3, SDN Kramatjaya dan SDN Padasuka 2.

Related News