• 3 May 2024

Arti Semangka Sebagai Dukungan Masyarakat Palestina

uploads/news/2023/11/arti-semangka-bagi-masyarakat-532904d32e4514f.jpg

Jagadtani - Buah semangka berwarna merah dengan banyak biji buah sedang trending di berbagai laman sosial media sebagai bentuk dukungan pada masyarakat Palentina yang sedang mengalami peperangan dengan Israel. 

Memang salah satu bentuk dukungan menggunakan gambar buah semangka berwarna merah telah digunakan sejak tahun 1967. 

Saat itu, israel yang mulai melakukan penjajahan serta menduduki Jerusalem Timur, Tepi Barat hingga Gaza, mengatakan bahwa yang memasang bendera Palestina dianggap melakukan tindak pidana.

Masyarakat Palestina yang tidak terima, mendapatkan cara dengan buah semangka. Buah semangka ketika dibelah akan mirip dengan bendera Palestina.

Buah semangka dengan daging berwarna merah dengan biji berwarna hitam dan kulitnya berkelir putih dan hijau menggambarkan bendera Palestina.

Pemerintah israel pun menyadari dan kembali melakukan larangan pada warga Palestina untuk gambar semangka terbelah karena mengandung unsur warna bendera Palestina.

Konyolnya, pemerintah israel juga melakukan pelarangan pada gambar yang mengandung unsur warna bendera Palestina, Merah, hitam, putih dan hijau. 

Bahkan 79 galeri di Ramllah pernah ditutup hanya karena diduga menggunakan tiga unsur utama warna bendera nasional Palestina. 

Memasuki tahun 1993, larangan penggunaan bendera Palestina dicabut setelah adanya kesepakatan Oslo (Oslo accords). Kesepakatan antara Palestina dan israel pertama kalinya setelah adanya konflik sejak 1967.

Hingga kini buah semangka yang terlbelah menjadi bentuk dukungan pada masyarakat Palentina. Termasuk pada Januari 2023, ketika Menteri Keamanan Nasional Israel Itamar Ben-Gvir kembali memberi kewenangan polisi negara untuk menyita bendera Palestina.

Buah semangka sendiri memiliki kandungan air (92%), karbohidrat (7%), potein (1%), lemak (0,2%) dan serat (0,4%). 

Berbagai vitamin yang terkandung dalam buah semangka, antara lain Vitamin A, C, B6 dan Adam float, mineral (kalium dan magnesium). Selain itu juga terdapat enyawa fitokimia seperti likopen dan citrulline, yang dapat menjadi antioksidan dan meningkatkan kesehatan tubuh.

 

 

 

Related News