• 2 March 2024

4 Ciri Ayam Bangkok Aduan Calon Jagoan

Jagadtani - Bagi Sahabat Tani yang telah terbiasa merawat ayam bangkok untuk ikut dalam kontes atau diadu, pasti telah mengetahui ciri - ciri fisik. Memang banyak hal yang dapat dijadikan patokan dalam memilih ayam jago bakal jadi calon jawara di kalangan.

Sebelum mengetahui tiga ciri utama dalam memilih ayam bangkok aduan calon juara adalah trah atau keturunan ayam tersebut. 

Tidak dapat dipungkiri, genetika dari indukan Ayam sangat mempengaruhi pada anakannya, paling tidak ada garis keturunan dari indukan yang dibawa. Walau tidak semua anakan ayam dapat dijadikan bakal jawara di arena adu. 

Ayam bangkok aduan calon juara "Ayam bangkok aduan calon juara "

Hal ini yang membuat banyak peternak ayam bangkok aduan mencoba meng kawin silang, tujuannya untuk mendapatkan postur, gaya atau teknik bermain hingga kualitas 'pukulan'.

Setelah memastikan anakan ayam merupakan keturunan dari ayam jagoan, berikut empat ciri dasar dalam memilih anak ayam bangkok aduan calon juara:

Katuragan ayam bangkok

Ciri fisik atau katuragan dapat dilihat sejak ayam masih berusia kecil. Bagian yang harus diperhatikan meliputi kepala, leher, badan, sayap, hingga tulang supit (tulang di bawah pangkal ekor).

Setiap jenis ayam aduan memiliki ciri atau katuragan yang berbeda. Paling tidak postur badan ayam tidak terdapat 'cacat' bawaan atau akibat perawatan. 

Mata, paruh dan kaki ayam tembus

Kualitas ayam bangkok aduan calon juara dapat dilihat dari bagian mata, paruh dan kaki yang memiliki kesamaan warna. Atau disebut warna matanya tembus.

Karakter warna mata ayam yang tembus atau senada dengan paruh dan kaki, biasanya akan langsung dipilih oleh para 'pemain'. 

Kaki ayam bangkok aduan "Kaki ayam bangkok aduan "

Sisik pada kaki ayam aduan

Setelah mendapatkan postur tubuh yang bagus, Sahabat Tani harus memastikan kaki ayam bangkok pilihan. Kaki ayam bangkok yang bagus berbentuk bulat atau persegi. Tetapi sisik pada kaki ayam atau ceker harus tersusun rapi dan kering.

Sisik pada kaki ayam bangkok aduan "Sisik pada kaki ayam bangkok aduan "

Sisik kaki ayam juga memiliki banyak bentuk yang berpengaruh pada gaya main ayam bangkok tersebut. Paling tidak ada 10 jenis sisik pada kaki ayam. 

Bulu dan ekor ayam bangkok aduan

Bagian yang tidak dapat dilupakan dalam memilih ayam bangkok aduan calon juara adalah warna bulu, motif dan ekor. Selain harus rapi, warna maupun motif bulu juga penentu karakter atau gaya mainnya.

Warna bulu ayam bangkok aduan calon juara "Warna bulu ayam bangkok aduan calon juara "

Dengan memenuhi empat ciri ayam bangkok aduan yang bakal dijadikan calon juara, tentu peluang untuk juara sangat terbuka. 

Namun pola rawatan memegang kunci keberhasilan dalam mendapatkan ayam bangkok aduan berprestasi. Jadi kunci keberhasilan tetap berada di tangan Sahabat Tani.

 

 

Related News