• 27 February 2024

Pentingnya Menjemur Burung Kicauan

uploads/news/2023/11/pentingnya-menjemur-burung-kicauan-54867d14f793e0d.jpg

"Menjemur burung perawatan yang harus dilakukan, Selain mengganti air minum, pakan, membersihkan kotoran, memandikan. Khusus untuk menjemur burung bisa dilakukan bergantian dengan yang lain."

Jagadtani - Berbagai langkah harus dilakukan dalam merawat hewan peliharaan. Bukan hanya sekedar memberikan makanan dan air minum. Terlebih pada perawatan burung kicauan. 

Perawatan burung kicauan tergolong cukup panjang sejak pagi hingga sore hari. Mulai dari proses pengembunan, memberi asupan ekstra fooding, memandikan, menjemur, olah raga dan pemasteran.

Namun hal yang cukup merepotkan bagi sebagian kicau mania adalah proses penjemuran karena terbatasnya waktu sehingga sering diabaikan. 

Asupan sinar Matahari dengan berbagai kandungan dapat memberikan hasil positif pada burung kicauan. Di alam, burung kicau biasa berjemur sambil berkicau riang gembira. 

"Alhamdulillah, beberapa bulan ini masih bisa menjemur burung, cahaya Matahari memang lebih terik jadi harus memperhitungkan waktu penjemuran. Kalau berlebihan dalam menjemur burung, nanti bulu bisa kusam dan rusak." Ungkap Asep W - peternak burung Murai di Bandung.

Dalam menjemur burung memang tidak dianjurkan dilakukan dalam periode panjang. Selain berakibat merusak bulu, burung juga mudah stres karena kepanasan.

Untuk menjemur burung, Sahabat Tani harus pasti bulu burung tidak dalam keadaan basah. Jika burung baru selesai mandi, biarkan sejenak hingga bulunya kering. 

Durasi penjemuran dapat dimulai dengan 30 menit, dan mulai ditambah sesuai kebutuhan maupun tujuan penjemuran. Untuk penjemuran dapat menggunakan kerodong atau langsung. 

Penjemuran burung dapat memberikan kesehatan, stamina hingga meningkatkan emosi atau fighter. 

Dalam dunia kicau mania, burung yang berkicau dan memiliki daya tarung pada saat digantang karena emosi dan birahinya seimbang.

Dengan proses penjemuran maka hormon testosteron, hormon estrogen dan hormon progesterone dapat meningkat hingga merangsang birahi burung.

Sinar matahari pada pagi hari juga membuat metabolisme optimal sehingga proses penyerapan dari asupan makanan lebih tepat dan efisien.

 

Dengan beragam keuntungan dari proses penjemuran burung kicau, sehingga langkah perawatan ini harus dilakukan minimal tiga kali dalam sepakan. 

Related News