• 27 February 2024

Memilih bibit dari varietas anggur terbaik

Jagadtani - Budidaya anggur makin digemari oleh masyarakat, menanam buah tertua di dunia tergolong mudah. Namun yang harus dipertimbangkan adalah merawat buah dengan nama latin Vitis Vinivera agar dapat berkembang hingga berbuah. 

Alasan dikatakan mudah dalam menanam pohon anggur dikarenakan Sahabat Tani dapat menancapkan batangnya saja. Mirip dengan pohon singkong. Tetapi langkah selanjutnya setelah menanam yakni merawat pohon yang cukup sukar karena membutuhkan perhatian ekstra. 

Namun sebelum memasuki langkah menanam, Sahabat Tani harus memastikan bibit anggur yang digunakan merupakan varietas terbaik.

"Banyak yang menjual bibit anggur tetapi harus memastikan varietasnya sesuai dengan keinginan Sahabat Tani. Jika salah varietas atau tidak sesuai harapan pasti meyesal karena telah menunggu cukup lama hingga pohon anggur berbuah." Lanjut Dody Kusuma.

Dody Kusuma - Shine Garden "Dody Kusuma - Shine Garden "

Bibit varietas anggur lokal atau impor

Banyak yang mengatakan varietas impor lebih baik dibandingkan lokal, namun yang harus dipastikan adalah memastikan varietas tersebut telah menyesuaikan atau beradaptasi dengan karakter tanah di Indonesia.

Karena pada dasarnya, setiap varietas memiliki keunggulan yang berbeda sesuai dengan cita rasa pada buah anggur.

Jika varietas tersebut belum beradaptasi dengan tanah di Indonesia, dapat dipastikan pertumbuhan pohon anggur tidak akan maksimal.

Untuk varietas anggur di Indonesia telah tersedia banyak pilihan, lebih dari 40 varietas tersedia di Indonesia. Untuk pilihan anggur varietas lokal yang dianggap terbaik adalah Probolinggo (Cardinal), Probolinggo Biru 81, Kediri Kuning (Yellow/Green Belgie), Prabu Bestari (Red Prince), Bali (Alfonso Lavalle), Jestro Ag5 (Isabella), Jestro Ag45 (Caroline Black Rose), Jestro Ag86 dan Jestro Ag60 (Maroo Seedless).

Kondisi bibit anggur 

Dalam memilih bibit anggur, Sahabat Tani dapat memperhatikan kondisi tunas daun Dan batangnya. Biasanya warna daun yang hijau segar dan batang yang kokoh dapat menghasilkan pohon yang baik. 

Untuk pertumbuhan pohon anggur sangat tergantung dengan perawatan yang dilakukan. 

Jaminan penjual bibit anggur

Bagi Sahabat Tani yang membeli melalui online, tidak ada salahnya meminta jaminan spesifikasi sesuai katalog penjual. Selain itu garansi ketika bibit dikirimkan juga wajib diperoleh.

Untuk memudahkan, tidak ada salahnya Sahabat Tani bergabung dengan Komunitas Anggur yang biasanya menawarkan bibit anggur dari varietas terbaik.

Untuk harga bibit pun bervariasi, mulai dari puluhan ribu hingga jutaan. Perbedaan harga tersebut sangat tergantung pada jenis atau varietas bibit anggur.

 

Related News