• 24 June 2024

Dari Buruh Tani, Sukses Miliki Aset 45Milyar

"Mengawali dengan menjadi pengembala hingga bertani untuk memenuhi kebutuhan sekolah, kini telah sukses menjadi peternak sapi dengan kandang terbesar berkapasitas ribuan ekor di kota Bekasi."

 

Jagadtani - Menepis anggapan menggeluti dunia pertanian, khususnya berternak sapi tidak menguntungkan. Ahmad Jupri pemilik BBS Farm berhasil mengembangkan usaha penggemukan sapi hingga kini berhasil dengan memiliki sapi yang berjumlah ratusan ekor.

Berkah Bersama Sejahtera (BBS) Farm yang telah berdiri sejak 18 tahun lalu, kini berhasil menjadi peternakan sapi terbesar di kota Bekasi. Untuk kapasitas sapi di kandang BBS Farm yang berada di Cikunir - Jatiasih dapat menampung sebanyak seribu ekor. 

Mengawali dari kenekatannya berternak sapi pada 2005, kini Ahmad Jupri telah sukses hingga memelihara sapi lebih dari 800 ekor dengan total aset menembus angka Rp45 milyar.

Berkah Bersama Sejahtera Farm Bekasi"Berkah Bersama Sejahtera Farm Bekasi"

"Saya memulai dari nol, secara konsisten dengan banyak belajar tentang bisnis dan beternak sapi. Alhamdulillah, sekarang total aset mati BBS Farm telah mencapai Rp45 milyar." Ungkap Ahmad Jupri.

Ahmad Jupri, sewaktu masih kecil sering menggembala dan bertani demi membiayai kuliahnya. Lulus kuliah di bidang akutansi, justru memilih untuk memulai usaha berternak sapi. Modal usaha pun diperoleh berkat bantuan orang tua' angkatnya dengan mendanai peternakan kecil berisi tujuh ekor sapi. 

Sapi Berkah Bersama Sejahtera Farm "Sapi Berkah Bersama Sejahtera Farm "

Walau sempat mengalami kegagalan pada awal usahanya karena gagal menjual sapi - sapinya, berkat keuletannya dalam mengembangkan usahanya kini mulai berjalan.

BBS Farm merupakan peternakan sapi yang fokus pada penggemukan untuk Idul Adha saja. Ahmad Jupri mengatakan bahwa keuntungan penggemukan sapi untuk hari Raya kurban lebih pasti, dibandingkan untuk sapi pedaging atau jagal. 

Sapi di BBS Farm - Bekasi"Sapi di BBS Farm - Bekasi"

"Resiko memenuhi sapi jagal lebih besar karena pembayarannya tidak pasti atau tertunda, Sedangkan sapi kurban pasti pembayarannya lebih jelas. Untuk pengeluaran biaya pakan pun pasti lebih menguntungkan sapi kurban."

Sapi - sapi yang berada di BBS Farm mengandalkan pakan jerami, konsentrat, ampas tahu dan ampas gandum. 

BBS Farm "BBS Farm "

"Saat ini, kami berusaha mengembangkan peternakan di daerah Lampung maupun pulau Jawa. Saya ingin menanamkan motivasi pada anak muda agar berwirausaha melalui berternak sapi karena sangat menjanjikan." Pungkasnya.

 

Related News