• 24 June 2024

Sukses Budidaya Anggur Hingga Miliki Dua Perkebunan

"Awalnya tidak terpikirkan untuk budidaya anggur Dan menjual bibitnya, hanya menyalurkan hobi untuk bercoxok tanam. Kini saya sudah merasakan manisnya anggur dengan memiliki perkebunan anggur di Bekasi."

Jagadtani - Budidaya anggur memberikan banyak manfaat, termasuk yang dirasakan oleh Ipoel War-Wer hingga berhasil merenovasi rumah, memiliki kendaraan hingga dua perkebunan anggur di daerah kabupaten Bekasi.

"Saya mulai menanam anggur pada 2017, setelah belajar dari hasil menonton YouTube tentang budidaya anggur. Untungnya yang saya tonton sangat jelas memberikan informasi. Untuk bibitnya di toko tanaman yang ada dipinggir jalan."

Setelah menanam anggur pertama, ternyata Ipoel yang kini menjabat Ketua II dari Asosiasi Penggiat Anggur Indonesia merasa tidak puas dengan hasil panennya. 

Kebun Taman Langit Grape Bekasi "Kebun Taman Langit Grape Bekasi "

"Dulu saya hanya tau buah anggur itu berdasarkan warna, anggur hijau, merah dan hitam. Sedangkan buah anggur hasil panen saya kecil - kecil, sehingga tidak puas." Ujarnya.

Berbekal dari keinginan mengetahui informasi tentang anggur, akhirnya mencari info melalui internet dan diarahkan ke Komunitas Anggur di Facebook. Setelah bertanya dan belajar dari senior akhirnya, Ipoel mulai mengetahui beragamnya varietas anggur.

Saat itu, bagi Ipoel untuk mendapatkan bibit membutuhkan perjuangan karena sangat terbatas penjualan entres maupun bibit. Berbeda dengan saat ini yang sangat mudah untuk mendapatkan bibit buah anggur. 

Ipoel War-Wer pemilik Kebun Taman Langit Grape Bekasi "Ipoel War-Wer pemilik Kebun Taman Langit Grape Bekasi "

"Dulu mendapatkan bibit ada sensasi tersendiri karena harus berebut dengan teman - teman sendiri di Komunitas Anggur di Facebook. Istilahnya harus ada usaha untuk mendapatkan bibit anggur, walau nilai rupiahnya tidak besar."

Akhirnya Ipoel War-Wer mulai mengenali varietas anggur impor pada akhir tahun 2017. Untuk mulai belajar untuk menyambung dengan lima buah varietas lokal unggulan. Dan mulai memberanikan diri menyambung dengan entres impor.

Bibit anggur "Bibit anggur "

Keberhasilannya menyambung, justru membuat Ipoel bingung meletakannya. Rumahnya hingga bagian belakang telah dipenuhi dengan hasil graftingnya. 

"Dulu di grup Komunitas Anggur tidak semuanya bisa menjual bibit anggur, akhirnya mulai saya tanam di rooftop kantor hingga mulai mendapatkan hasil." 

Tetapi dari hasil postingannya di Facebook, banyak yang menanyakan melalui direct message. Akhirnya Ipoel yang selalu membuat konten pada YouTube mulai menjual bibit tanaman anggur. 

Bibit anggur dari Kebun Taman Langit Grape "Bibit anggur dari Kebun Taman Langit Grape "

"Saya tidak menjual bibit melalui akun Facebook, tetapi masukan nomor telp pada posting YouTube. Namun tetap jarang membalas komentar karena agar bisa mendampingi mereka yang telah membeli secara langsung melalui Whatsapp."

Dengan keberhasilannya dalam membudidaya anggur, Ipoel War-Wer berharap banyak anak muda yang tertarik untuk menjadi petani. 

Related News