• 30 May 2024

Anggur Termahal, Ruby Roman Setara Honda Brio

uploads/news/2023/11/harga-anggur-ruby-roman-38655f6da500304.png

Jagadtani - Buah anggur sebagai buah tertua di dunia dengan jumlah varietas mencapai ratusan, ternyata hanya satu jenis yang harganya setara dengan satu mobil Honda Brio untuk setiap satu tangkainya.

Anggur Ruby Roman yang berasal dari Jepang telah terjual dengan angka yang sangat fantastis, mulai dari 44.730 yen atau sekitar Rp 4,6 juta per butir Anggur Ruby Roman (kurs 1 yen = Rp 103.7).

Ukuran satu butir anggur Ruby Roman sebesar bola pingpong atau terkadang berdiameter tiga centimeter. Untuk berat setiap butir mulai dari 50 gram.

Bahkan pada tahun 2021, anggur Ruby Roman dalam sebuah lelang berhasil terjual dengan angka mencapai ,3 juta yen (Rp 167 juta) untuk 1 tangkai anggur. Yup, hanya satu tangkai saja. 

Harga sangat tinggi untuk nilai buah membuktikan, cita rasa anggur memang sangat mewah. Tak salah dalam jamuan kenegaraan atau kerajaan, buah anggur pasti tidak tertinggal.

Negara Jepang memang memiliki kelebihan dengan varietas anggur - anggurnya. Salah satu varietas anggur yang telah dikembangkan di Indonesia adalah Jenis Shine Muscat. 

Kembali lagi pada anggur Ruby Roman, merupakan varietas yang selalu dijaga kualitasnya. Bahkan termasuk golongan buah anggur langka karena dalam satu tahun hanya menghasilkan 2.400 ikat atau tandan saja. 

Anggur Ruby Roman yang akan dijual harus melalui sertifikasi dan penjualan juga sangat dibatasi. Ada peraturan yang ketat untuk peredaran maupun penjualannya.

Dilansir dari laman Orissapost.com, pengembangan anggur termahal di dunia ini membutuhkan waktu selama 14 tahun dan baru mulai dijual pada tahun 2008. Proses yang sepadan dengan hasil akhir dari Anggur Ruby Roman yang mulai dikembangkan pertama kali di prefektur Ishikawa.

Anggur Ruby Roman dapat mulai berbuah setelah mendapatkan perawatan khusus. Buah anggur akan mulai tumbuh setelah mendapatkan cahaya dan suhu tertentu agar menghasilkan cita rasa manis.

 

Bahkan, kabarnya untuk meningkatkan hasil maka sengaja mendapatkan treatment dengan diperdengarkan lantunan musik. 

.

Related News