• 30 May 2024

Lima Manfaat Buah Anggur Bagi Kesehatan

Jagadtani - Begitu tingginya nilai buah anggur yang kerap menjadi hidangan penutup dalam jamuan para petinggi. Buah anggur juga disebut sebanyak 14 kali dalam Al-Quran dan Hadist. Pada beberapa Hadist, menyebut buah anggur merupakan buah surga.

Keistimewaan buah anggur buah anggur terdapat pada kandungannya yang mencapai 25 jenis gizi. Gizi dalam buah anggur terdiri dari protein, energi, lemak, kalsium, karbohidrat, fosfor, magnesium, natrium, kalium, zat besi, zink, vitamin B1, B2, B3, B6, vitamin C, Vitamin K, asam pantotenat, asam folat, serat, dan air. Khusus kandungan air pada buah anggur mencapai 70—80 persen, tentunya yang membuat sangat segar ketika dikonsumsi.

Saat ini, buah anggur yang tersedia cukup beragam. Namun tanpa disadari warna buah anggur juga memiliki kandungan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Berikut manfaat buah anggur bagi kesehatan:

Buah anggur mencegah kanker

Secara tidak langsung, mengkonsumsi buah anggur dapat membantu dalam memperpambat atau mencegah berbagai jenis penyakit kanker. Secara alami, kulit dan ekstrak biji buah anggur dapat mencegah kanker mulut, esofagus, faring, paru-paru, endometrium, usus besar, pankreas, dan prostat.

Buah anggur mengurangi gejala insufisiensi vena kronis

Ekstrak dari biji buah anggur dapat juga mengurangi gejala insufisiensi vena kronis yang terdiri dari terasa berat, lelah, tegang, nyeri dan kesemutan. Selain ekstrak biji, ternayat menurut penelitian bahwa ekstrak daun anggur pada varietas tertentu juga dapat mengurangi kaki bengkak pada waktu tertentu.

Buah anggur Atasi gangguan jantung dan pembuluh darah

Dari hasil penelitian, buah anggur hijau memiliki kandungan polifenol yang diyakini berfungsi membantu mencegah gangguan jantung, melawan radikal bebas, memiliki efek antiradang dan antiplatelet. Buah anggur juga dapat menurunkan risiko terjadinya tekanan darah tinggi dan aterosklerosis, serta menunjang fungsi endotel.

Buah anggur menurunkan tekanan darah tinggi 

Antioksidan yang tinggi pada buah anggur berfungsi untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Kandungan kalium juga dapat membantu menghilangkan efek natrium pada tubuh, sehingga menurunkan tekanan darah tinggi.

Buah anggur menekan resiko diabetes

Kandungan antioksidan yang tinggi pada buah anggur dapat membantu dalam mengurangi resiko diabetes tipe 2. Mengkonsumsi buah anggur setiap minggu dipercaya sangat baik untuk jangka panjang 

Dengan berbagai kandungan pada buah anggur dapat memberikan keuntungan bagi kesehatan. Namun tentunya harus tetap mengatur jumlah yang dikonsumsi, berlebihan dalam sesuatu dipastikan berdampak negatif.

Related News