• 28 April 2024

Cara Atasi Penyakit Mata Pada Ayam Kontes

Jagadtani - Faktor cuaca sangat mempengaruhi kondisi kesehatan hewan ternak, termasuk pada hewan unggas. Kelembaban pada kandang akibat hujan yang berlebihan dapat mendatangkan beragam penyakit. Khusus pada unggas, penyakit mata berair sering mengancam kelangsungan hidupnya. 

Bila tidak ditangani secara intensif, penyakit mata atau snot dapat berujung kematian pada ayam. Sebenarnya banyak obat yang tersedia di toko - toko pakan hewan. Namun bagi peternak, lebih menyukai penggunaan obat tradisional atau herbal.

Berbagai obat herbal dari dedaunan dapat digunakan, seperti daun kelor, daun anting - anting Dan lainnya. Untuk kali ini, Jagadtani akan membahas penggunaan daun anting-anting untuk mengatasi penyakit mata berair atau gejala snot 

Penyakit Mata Pada Ayam Kontes "Penyakit Mata Pada Ayam Kontes "

Daun anting-anting (Acalypha indica. L) atau juga sering disebut Lateng Ijo memiliki khasiat yang telah terbukti dalam menyembuh penyakit pada ayam. Menurut penelitian, senyawa yang terkandung dalam daun Anting-anting ialah aleuron, steroid, alkaloid, saponin dan flavonoid (Handayani et al, 2018).

Sebenarnya, tumbuhan anting-anting juga telah dipercaya dari dulu sebagai obat manusia untuk menyembuhkan disentri, diare, gangguan pencernaan, muntah darah, berak darah dan kencing darah, khusus untuk bagian daun dapat mengobati mimisan.

Manfaat daun anting-anting untuk ayam"Manfaat daun anting-anting untuk ayam"

"Selain untuk mengobati ayam yang terkena penyakit ngorok, daun anting-anting juga bisa menyembuhkan mata berair atau gejala snot. Bila terlambat mengobati bisa berujung snot yang berujung kematian." Ungkap Abdullah - pemilik peternakan ayam kontes.

Bagi Abdullah, daun anting-anting lebih mujarab dibandingkan obat yang ada di pasaran. "Untuk pemberian dapat dilakukan dua hingga tiga kali dalam sehari. Karena herbal jadi tidak ada efek samping, dibandingkan menggunakan obat pabrikan. 

Untuk cara pemberian, daun anting-anting diremas dan dicampurkan air. Setelah itu dapat diteteskan secara langsung pada mata ayam kontes. Biasanya ayam akan merasa perih tapi akan berangsur sembuh. 

Manfaat daun anting-anting untuk ayam"Manfaat daun anting-anting untuk ayam"

Selain dapat diteteskan pada mata, biasa peternak atau perawatan ayam kontes akan meneteskan ke dalam paruh ayam. 

Hal yang harus diperhatikan dalam menghadapi ayam sakit adalah faktor kebersihan kandang. Kelembaban pun harus dijaga agar tidak ada perkembangan virus atau bakteri.

Related News