• 24 February 2024

Berhenti Ngantor, Kini Sukses Jadi Peng'Angguran

"Setelah saya mendalami tentang anggur selama enam bulan, akhirnya memutuskan resign dari pekerjaan untuk fokus pada dunia Peng'Angguran karena masih banyak ilmu tentang anggur."

 Jagadtani - Masa Pandemi begitu meresahkan dengan pembatasan sehingga membuat banyak yang harus beraktivitas di rumah. Berdasarkan hal tersebut membuat banyak yang mencoba hobi baru, seperti Muanam yang menggeluti dunia Anggur. 

Setelah enam bulan mempelajari tentang anggur. Pada 2020 akhir, Muanam yang bekerja sebagai finance memutuskan berhenti bekerja agar lebih fokus menggeluti dunia Anggur.

"Mungkin jiwa petani saya muncul sehingga semakin fokus mendalami tentang budidaya anggur. Awalnya hanya di rumah yang kemudian berlanjut dengan berkebun di tanah seluas 500 meter di daerah Burangkeng. Tentu awalnya tidak langsung berhasil, tetapi berkat bantuan para senior dalam mengatasi permasalahan pada anggur."

Perkebunan anggur di Gaizh Grape n Resto "Perkebunan anggur di Gaizh Grape n Resto "

Fokus pada Peng'Angguran mulai berbuah manis, setelah dijalanin dengan keseriusannya. "Alhamdulillah, merasakan keberhasilan melalui varietas Jupiter, Akademik, Ninel dan lainnya karena mudah berbuah dengan buah yang layak untuk dikonsumsi."

Memasuki akhir 2022, Muanam berpindah dari daerah Burangkeng ke Ragemanunggal untuk mewujudkan keinginan terbesarnya, yakni memiliki perkebunan anggur berkonsep berbeda dengan yang telah ada.

Anggur Heliodor di Gaizh Grape n Resto "Anggur Heliodor di Gaizh Grape n Resto "

Kini Muanam sedang fokus membesarkan usaha di bidang anggur dengan membuat Gaizh Grape n Resto di desa Ragemanunggal, Kecamatan Setu, Kabupaten Bekasi. Di tanah hampir seluas 2.000 meter persegi, Muanam berencana membuat resto berkonsep serba anggur yang akan dibuka pada akhir tahun ini.

Selain menyediakan bibit lebih dari 20 varietas anggur yang dibanderol mulai dari Rp80 ribu, Gaizh Grape n Resto akan menghadirkan konsep berbeda. "Konsep agrowisata, panen buah anggur ditempat dan merasakan sensasi makan di bawah pohon anggur. Untuk menunya pastinya juga berbeda dan tentunya terkait dengan anggur." Pungkasnya.

Related News