• 6 May 2024

Manfaat Tangkringan Bagi Ternak Ayam Kontes

Jagadtani - Mungkin bagi Sahabat Tani yang memelihara ayam dengan sistem diumbar bebas, telah mengetahui ayam akan mencari pohon atau tempat menangkring ketika tidur malam hari

Karakter ayam yang dihidup di alam bebas pasti secara naluri akan berusaha melindungi diri dari predator. Dengan berada di atas pohon atau di tangkringan, maka pergerakan dalam menghindari sang pemangsa akan lebih mudah. 

Lalu bagaimana dengan ayam yang berada di dalam kandang. Beberapa peternak ayam mengatakan bahwa ayam yang tidur di tangkringan akan lebih sehat dibandingkan ayam yang tidur pada permukaan tanah. 

"Dasar kandang ayam banyak kotorannya, tentunya sangat berbahaya jika dibiarkan lama. Selain pernafasan yang terganggu, bulu ayam bisa banyak kutu atau bakteri." Ujar Abdullah.

Manfaat tangkringan pada ternak ayam"Manfaat tangkringan pada ternak ayam"

Kebersihan kandang ayam memang wajib dijaga, namun terkadang kotoran ayam telah meresap pada tanah dan berujung menimbulkan beragam penyakit. 

Manfaat tangkringan juga sering dilakukan oleh penghobi ayam kontes. Mereka memang terkadang berusaha melatih ayam agar terbiasa tidur di tangkringan, terlebih pada ayam bangkok yang disiapkan mengikuti kontes atau ayam aduan.

Dengan membuat ayam tidur di atas tangkringan atau sering disebut tenggeran, maka ayam akan memiliki keseimbangan tubuh dengan otot yang terlatih. 

"Ayam yang telah cukup umur dan dibiasakan tidur pada tangkringan akan memiliki otot yang kuat. Selain itu keseimbangan tubuh menjadi semakin bagus. Ini salah satu langkah untuk membuat ayam lebih kuat." Ungkap Abdullah - penghobi ayam kontes.

Untuk usia ayam dan posisi tidur ketika berada di tangkringan harus diperhatikan. Posisi tidur ini dapat membuat tulang dada ayam menjadi bengkok pada ayam yang masih berusia beliau.

Tentunya dengan lebih banyak manfaat tangkringan pada ternak ayam, tidak ada salahnya dilakukan bagi Sahabat Tani yang hanya sekedar memelihara ayam hias maupun ayam kontes.

 

 

Related News