• 5 May 2024

Panen Kentang Granola di Kota Batu Jatim

Jagadtani - Kota Batu telah terkenal dengan beragam hasil pertanian, mulai dari Apel, Kentang, cabai hingga berbagai macam sayur mayur. Salah satu hasil pertanian yang sedang di panen adalah kentang. 

Dalam perjalanan tim Jagadtani menikmati keindahan kota Batu, Jawa Timur, berkesempatan melihat langsung panen kentang yang berada di wilayah desa Jurang Kuali, Kecamatan Bumiaji kota Batu.

Daerah Bumiaji kota Batu memang telah terkenal dengan hasil bumi berupa kentang sehingga wajar bila dijadikan sebagai andalan pertanian. 

Panen Raya Kentang di kota Batu"Panen Raya Kentang di kota Batu"

Untuk harga dari petani desa Jurang Kuali, setiap kentang dihargai sebesar Rp15.000 setiap kilogram. Sementara harga kentang di kota Jakarta berkisar dari Rp17.442 hingga Rp25.000 setiap kilogram (data info pangan).

Kota Batu dapat dikatakan sebagai kota penghasil kentang dengan varietas yang mencapai 3.000 jenis. Sementara jenis kentang yang ditanam petani desa Jurang Kuali merupakan jenis Granola. 

Panen Kentang di kota Batu - Jawa Timur"Panen Kentang di kota Batu - Jawa Timur"

Informasi ini diberikan oleh salah satu petani ketika ditemui tim Jagadtani, "Ini jenis kentang Granola dengan harga sekarang lima belas ribu." Ungkap ibu Ngatemin.

Kentang varietas Granola termasuk salah satu jenis unggulan yang telah dikembangkan. Dilansir dari kominfo.jatimprov mengatakan keunggulan kentang varietas Granola Kembang yaitu memiliki produktivitas lebih tinggi dua kali lipat dari varietas kentang lainnya. Produktivitas kentang Granola dapat mencapai sekitar 30-40 ton/ha, sedangkan varietas lainnya hanya dapat berproduksi 20-25 ton/ha.

Panen Kentang "Panen Kentang "

Dari banyaknya hasil panen kentang, membuat banyak UMKM yang memanfaatkan sebagai sumber olahan. Beragam olahan dari kentang dapat menjadi oleh-oleh ketika Sahabat Tani berkunjung ke kota Batu - Jawa Timur. 

 

Related News