• 1 March 2024

Panen Cabai, Petani Kota Batu Belum Cuan

Jagadtani - Kota Batu dengan letak geografis yang membuat daerah ini memiliki banyak destinasi wisata. Selain beragamnya tempat wisata, kota Batu telah terkenal dengan hasil pertaniannya. Salah satunya cabai, komoditas tanaman bernilai yang dapat menyaingi harga jual daging sapi.

Saat harga cabai melambung tinggi, tetapi ditingkat petani harganya masih sangat jauh. Pergerakan harga cabai sangat fluktuasi, sebagai contoh harga cabai di Ibukota Jakarta sempat menembus angka Rp150.000 per kilogram. Sedangkan berdasarkan data info pangan Jakarta, hari ini harga cabai merah besar (TW), berkisar Rp70.000 - Rp100.000 /kilogram.

Dari hasil penelusuran tim Jagadtani ketika mengikuti peringatan HUT ke 14 Journalist MTB, ditingkat petani harga jual cabai merah besar (TW) berada di angka Rp45.000 per kilogram. Sementara harga di pasar kota Batu mencapai Rp75.000 per kilogram.

Hasil panen Cabai Petani Kota Batu "Hasil panen Cabai Petani Kota Batu "

Info harga cabai ditingkat petani kota Batu diperoleh dari petani yang sedang melakukan panen, sabtu (25/11). Salah satu petani dari daerah Kecamatan Bumiaji mengatakan harga jual tertinggi masih berkisar Rp45.000. Namun mereka cukup kaget dengan harga cabai merah besar di pasaran.

"Kalau dari kami harga cabe besar yang paling tinggi hanya empat puluh lima ribu, tapi masa di Jakarta bisa sampe segitu (Rp150ribu). Bisa untung banyak yang jual segitu." Ungkap mereka serempak.

Petani wanita panen cabai"Petani wanita panen cabai"

Beragam faktor memicu kenaikan harga cabai, termasuk minimnya stok dari hasil panen. Terlebih, ketika perubahan iklim ekstrim menerpa beberapa daerah sebagai penghasil cabai. Tingginya harga cabai di pasar, tentu tidak lepas dari biaya distribusi dan lain sebagainya. 

Budidaya pohon cabai (Capsicum annuum) tergolong mudah karena dapat ditanam di dataran rendah maupun dataran tinggi. Pohon cabai dapat tumbuh subur pada tanah dengan pH 6-7. Dengan perawatan yang tepat, cabai mulai dapat dipanen setelah berusia 70 -75 hari. 

Pohon cabai kota Batu "Pohon cabai kota Batu "

Dengan cara panen yang tepat, pohon cabai dapat bertahan lebih dari satu kali masa panen. Namun tentu hasil panen kedua dan selanjutnya akan berkurang. Satu pohon cabai di kota Batu dapat menghasilkan cabai sebanyak 0,5 hingga 1,5 kilogram.

Related News