• 2 March 2024

GMC Sukses Menggelar LatBer Kambing Kontes Jabodetabek 

Jagadtani - Latihan Bersama (LatBer) PE Ras Kaligesing digelar oleh Goat Milenial Community (GMC) Jabodetabek untuk mengajak para peternak kambing dapat bersilaturahmi selama dua hari, pada 25 - 26 November 2023.

Pada hari pertama dikhususkan pelatihan berupa teori yang dilanjutkan praktek mengenai pakan ternak untuk penggemukan maupun perah. Pelatihan yang diadakan GMC Jabodetabek pada Sabtu (25 November 2023) menghadirkan Prof. Dr. Ir. Dewi Apri Astuti, MS. sebagai ahli nutrisi pakan ternak dan Dr. Ir. Afton Atabany, M.Si yang merupakan ahli budidaya kambing perah.

Sementara latihan bersama (LatBer) PE Ras Kaligesing yang sebenarnya diadakan karena kegelisahan para pengurus GMC Jabodetabek telah sukses diikuti 28 peserta. Seluruh kelas latber yang diadakan tidak dipungut biaya atau gratis.

Latihan Bersama PE Ras Kaligesing "Latihan Bersama PE Ras Kaligesing "

"Sebenarnya kami telah menggelar event kambing seni atau kontes skala nasional di Jabodetabek pada awal tahun lalu. Namun karena antusias peternak kambing kontes dari Jabodetabek tidak sesuai harapan karena biasanya setelah ada kontes akan dilanjutkan silaturahmi maupun lebih sering berkumpul. Ajang kontes kambing hias juga bertujuan menjalin silaturahmi antar para peternak kambing di Jabodetabek." Ungkap Wahyu Susanto perwakilan GMC dan bertugas sebagai juri pada ajang LatBer ini.

Goat Milenial Community memang berencana untuk kembali menggelar kontes bertaraf nasional, namun demi memancing antusias peternak kambing maka digelar Latber Pe Ras Kaligesing. 

Wahyu Susanto - GMC "Wahyu Susanto - GMC "

"Pihak GMC berencana akan menggelar kontes kambing setiap tahunnya. Namun karena peternak kambing masih kurang antusiasnya, maka kami menyiasati dengan menggelar latihan bersama ini," lanjut wahyu yang juga sebagai pemilik Wahyu Farm di Pamulang.

Hal senada pun disampaikan oleh Zulfikar - ketua GMC, "Tujuan dasar diadakan kontes kambing seni untuk meningkatkan animo para peternak kambing di daerah Jabodetabek agar saling bersilaturahmi. Pada kontes yang lalu memang animo peserta dari Jabodetabek masih kurang bagus dibandingkan peaerta dari Jawa Tengah dn Jawa Timur. Dengan adanya latihan bersama dapat meningkatkan animo peserta dan memperoleh data peternakan kambing untuk diajak mengikuti kontes kambing." 

Zulfikar ketua Goat Milenial Community "Zulfikar ketua Goat Milenial Community "

Dalam latihan bersama tergolong sukses dengan peserta tidak hanya datang dari anggota Goat Milenial Community (GMC), tetapi dari para peternak yang berada di Jabodetabek.

Latber Pe Ras Kaligesing "Latber Pe Ras Kaligesing "

Latihan Bersama tidak hanya bertujuan memancing antusias para peternak kambing kontes di Jabodetabek. Latber pun dapat menjadi ajang silaturahmi hingga berdiskusi tentang perawatan kambing kontes. Rencananya latihan bersama selanjutnya akan menggunakan sistem road show dengan menggunakan lokasi di peternakan kambing seni Jabodetabek. 

Related News