• 2 March 2024

Peringkat Dua Dunia, Apel Granny Smith Malang

Jagadtani - Siapa yang menyangka, buah Apel Granny Smith yang menjadi salah satu buah Apel andalan di Kota Batu, Malang Raya berhasil bertengger diperingkat kedua di dunia sebagai Apel terlezat versi applerankings com.

Apple hijau Granny Smith sebagai komoditas andalan Kota Batu, memiliki sejarah panjang sebelum tiba di Indonesia. Untuk lebih jelas, berikut informasi yang dirangkai dari berbagai sumber.

Sejarah/Geografi Singkat Apel Hijau “Granny Smith"

Apel Hijau “Granny Smith” ditemukan bibitnya di pinggiran Ryde dekat Sidney, Australia pada tahun 1868. Yang menemukan bibit Apel secara tidak sengaja ditumpukan kompos dekat sungai mengalir dibelakang rumahnya yang memiliki lahan untuk pertanian, orang tersebut bernama Maria “Granny” Smith, ia berasal dari Inggris namun hidup di Australia.

Data rankings apple di dunia

Dari situlah bibit Apel mulai tumbuh kemudian diberi pupuk dan pohon mulai tumbuh dengan baik. Melihat hal ini Maria “Granny” Smith memutuskan untuk memperbanyak pohon tersebut.

Beberapa tahun kemudian Maria “Granny” Smith meninggal dunia, namun Apel uniknya mendapat perhatian di kalangan petani lokal, dan akhirnya mendapatkan perhatian nasional di Australia pada tahun 1890-an setelah memenangkan hadiah untuk lomba “Masakan Apel Terbaik” di Pameran Pertanian dan Hortikultura Castle Hill, yang saat itu sangat menginspirasi orang lain untuk membudidayakan varietas tersebut.

Peringkat Dua Dunia, Apel Granny Smith Malang"Peringkat Dua Dunia, Apel Granny Smith Malang"

Pada tahun 1895, Departemen Pertanian Australia merekomendasikan hasil panen Apel Granny Smith untuk diekspor, dengan alasan musim pemetikannya memakan waktu cukup lama namun umur simpan dapat bertahan lama.

Tahun 1930-an Apel Granny Smith diperkenalkan ke Inggris, produk ini berhasil karena kulitnya yang tebal, dagingnya yang segar dengan kadar air cukup dan padat sehingga mudah untuk dikirim dan disimpan di supermarket.

Memasuki tahun 1970-an, Apel hujau istimewa ini akhirnya hingga mendarat di Amerika Serikat, dan ditanam secara skala besar. Bulan September hingga November, Apel Granny Smith menjadi bahan pokok pembuatan kue di musim gugur seperti Apple Pie yang menjadi favorit dikalangan warga Amerika Serikat. Selain itu juga dibuat untuk kripik Apel namun hanya pada musim tertentu. 

Apel hijau atau Granny Smith itu sendiri masuk ke Indonesia pada tahun 1929-an, yang memperkenalkan dan mengembangkan adalah orang Belanda bernama Gratel. Selain itu kondisi tanah yang subur dan cuaca sangat mendukung sehingga membuat pohon tanaman Apel dapat berkembang dengan baik di beberapa wilayah kota Batu salah satunya Desa Tegalrejo, hingga akhirnya hadirnya Apel ini menjadikan ikon kota Batu.

Rasa Apel ini asam dan manis, disertai kadar air yang cukup banyak sehingga rasanya bertambah segar jika di makan secara langsung.

Jenis – Jenis Apel Dari Kota Malang"

Kota Malang sangat identik dengan sebutan kota Apel. Hal ini dikarenakan hasil dari perkebunan buah-buahan yang berlimpah, salah satunya adalah buah Apel.

Pengembangan wilayah di kota Malang terus dikembangkan dan ditingkatkan mulai dari sektor pendidikan hingga pariwisata, salah satu penghasil Apel terbesar di kota Malang yaitu kota Batu.

Kota Batu sudah menjadi kota Otonom sendiri sejak tahun 2001. Sehingga dalam pengembangan hasil pertanian yang berjenis buah-buahan terus digenjot oleh pemerintah daerah setempat, selain hasil pertanian buah-buahan sayuran juga menjadi perhatian khusus pemerintah setempat.

Apel Granny Smith Malang"Apel Granny Smith Malang"

Hasil pertanian buah Apel khususnya didukung penuh oleh pemerintah untuk pengembangan olahan buah Apel seperti kripik, dodol, manisan, hingga minuman segar. Sahabat Tani pasti ingin mengetahui dan penasaran jenis Apel apa saja yang ada di kota Batu ini.

Ada beberapa jenis Apel di kota Batu diantaranya ada Apel Anna, Apel Manalagi, Apel Princess Noble, Apel Wanglin, Apel Rome Beauty, dan Apel Granny Smith (Apel Hijau). Apel Granny Smith atau Apel Hijau inilah yang cukup terkenal saat awal kota Batu menghasilkan pertanian buah Apel.

Rasa Khas Apel Hijau “Granny Smith"

Memiliki rasa asam dan manis dengan kadar air yang cukup sehingga membuat segar dan menggoda dengan warna hijau merona serta kulit kilaunya menjadi khas Apel ini tampak sempurna.

Apel Granny Smith dengan nama latinnya “Malus Domestica” adalah salah satu Apel yang paling dikenal dan disukai di kebun buah-buahan. Rasa yang khas yaitu keasaman yang tinggi menjadikan Apel ini sebagai pilihan utama untuk dimakan secara langsung maupun sebagai buah tangan. Apel Granny Smith masuk dalam kategori lima besar Apel terpopuler di dunia. 

Kandungan Gizi Apel Hijau “Granny Smith”

Apel Granny Smith memiliki kandungan vitamin C yang sangat baik, selain itu memiliki antioksidan yang dapat membantu untuk mengurangi peradangan didalam tubuh manusia, meningkatkan produksi kolagen yang cukup, dan meningkatkan sistem kekebalan pada tubuh.

Buah-buahan sejatinya merupakan sumber serat yang baik untuk mengatur saluran pencernaan dan memberikan jumlah zat besi, vitamin A, dan kalsium yang lebih rendah.

Cara Menanam Apel Hijau “Granny Smith”

Cara menanam pohon Granny Smith, yang perlu diperhatikan dengan baik yaitu memilih wilayah yang tepat seperti kondisi tanahnya dan suhu udara.

Namun pada varietas ini akan mampu beradaptasi dengan suhu udara panas dibandingkan varietas lainnya. Selain itu diperlukan juga tumbuhan pohon Apel dengan jenis yang lainnya, hal ini diperuntukkan sebagai penyerbuk.

Beberapa pilihan tumbuhan pohon Apel lainnya seperti Red Delicious, Rome Beauty, dan Golden Delicious serta banyak varietas crabapple lainnya. Menanam pohon Apel yang baru harus berada di tempat yang segar, mendapatkan sinar matahari yang cukup, tanha yang subur dan memiliki drainase yang sesuai standarnya. Selanjutnya memasukkan bahan organik ke dalam tanah terlebih dahulu.

Kemudian memastikan garis cangkok berada beberapa inci (5 cm) di atas garis tanah saat ditanam. Perawatan apel Granny Smith membutuhkan penyiraman secara teratur untuk tahap awal, hingga pohonnya sudah terihat tumbuh subur dan batang yang tampak kuat, kemudian adanya pemangkasan jika pohon sudah terlalu rimbun.

Pemangkasan dilakukan untuk mempercepat tumbuhnya bunga-bunga yang nantinya akan menjadi buah. Buah Apel Hijau Granny Smith dapat tumbuh di sepanjang tahun.

 

Referensi:

https://www.hgtv.com/outdoors/flowers-and-plants/fruit/granny-smith-apples 

https://specialtyproduce.com/produce/Granny_Smith_Apples_2021.php 

https://www.gardeningknowhow.com/edible/fruits/apples/granny-smith-apple-care.htm 

https://applerankings.com/granny-smith-apple-review/ 

Related News