• 2 May 2024

Prediksi Ikan Hias Air Tawar Viral 2024

Jagadtani - Tahun 2023 dengan perubahan iklim yang membuat khawatir para peternak ikan karena berkurangnya suplai air. Berbagai usaha dilakukan demi tetap bergulirnya budidaya ikan hias, agar memenuhi para penghobi ikan hias di Indonesia. Ikan hias masih menjadi budidaya yang sangat menjanjikan bagi para penghobi. Berbagai jenis ikan hias yang diprediksi akan tren atau viral pada 2024 masih tidak berbeda jauh dibandingkan tahun lalu.

Ikan hias air tawar sebenarnya terbagi dalam top view dan side view, perbedaan tersebut yang membuat berbedanya habitat buatan bagi ikan ikan. ikan hias top view merupakan ikan yang dapat dinikmati dari bagian atas dengan habitat di kolam. Sementara ikan hias Side view akan lebih nyaman berada di akuarium. Berikut lima jenis ikan hias yang diprediksi akan viral pada 2024 di Indonesia:

Ikan Mas Koi

Ikan mas koi atau lebih dikenal ikan koi merupakan ikan yang dapat dinikmati dari atas kolam sehingga tidak bagus di pelihara pada akuarium. Hal ini disebabkan corak yang menjadi nilai utama pada ikan koi hanya dapat dinikmati terletak di bagian atas tubuhnya atau punggungnya. 

"Ikan Mas Koi"
 
Ikan koi sebenarnya merupakan ikan improt dari Jepang, kini telah banyak yang mem-budidaya di berbagai daerah di Indonesia. Walau dibudidaya di kolam atau empang, ikan koi membutuhkan perawatan ekstra. Maksudnya, penghobi bukan sekedar merawat ikan koi tetapi lebih merawat kualitas air sebagai habitat ikan tersebut. Air yang terawat akan membuat ikan Koi ikut sehat dan dapat tumbuh dengan maksimal, termasuk mengeluarkan warna maupun coraknya.

Air kolam ikan yang tidak terawat dipastikan akan menimbulkan penyakit dan keindahan ikan koi juga sukar dinikmati dari atas. Ikan koi dengan berbagai motif yang menenangkan jiwa ketika dinikmati oleh pemiliknya, diprediksi akan kembali menjadi ikan hias paling digemari pada tahun 2024.

Ikan Arwana

Tidak berbeda dengan tahun lalu, ikan Arwana masih masuk dalam prediksi ikan paling digemari. Dengan beragamnya jenis ikan Arwana, ukuran dan warna membuat harga ikan predator ini tidak pernah turun. Bahkan cenderung mengalami kenaikan harga dibandingkan beberapa tahun silam.

"Ikan Arwana"
 
Ikan Arwana masuk dalam keluarga Osteoglossidae atau disebut ikan purba dengan banderol mulai dari harga ratusan ribu hingga tak ternilai. Harga tersebut tergantung dari jenis hingga ukuran tubuh ikan Arwana. Berbagai jenis ikan arwana seperti Red Tail Golden, Platinum, Jardini, Brasil, Batik, Banjar, Black GoldenSuper Red, hingga Cross Back Golden.

Walau harga yang cukup tinggi membuat banyak penghobi ikan hias ingin memiliki dan merawat ikan arwana. Hal ini karena banyak penghobi ikan hias yang memastikan memelihara ikan arwana merupakan kasta tertinggi dalam dunia ikan hias. 

Ikan mas koki

Mulai berkembangnya kontes ikan hias, salah satunya ikan mas koki membuatnya masuk dalam prediksi ikan hias populer pada 2024. Beragamnya jenis dengan bentuk tubuh yang menarik, gaya renang lucu dan dipadukan warna-warni memberikan kesan tersendiri bagi penghobi ikan mas koki ini.

 Tips Merawat Ikan Mas Koki Kontes"Ikan Mas Koki"
 
Terbagi dalam 30 jenis, ikan mas koki yang diantaranya adalah jenis ranchu, ryukin, demekin, oranda, mutiara, celestial. Seluruh jenis tersebut akan terbagi dalam warna red white, calico (tiga warna), kirin (multi color), panda (hitam putih), sakura dan masih banyak lagi. 

Untuk harga ikan mas koki dimulai dari belasan ribu hingga ratusan ribu rupiah. Memang untuk harga diperkirakan masih belum dapat menyaingi harga tertinggi dari ikan Arwana.

Ikan Discus

Sempat meredup pada tahun 2023, diprediksi daya tarik ikan discus akan kembali bersinar pada 2024. Berasal dari sungai Amazon - Brasil, ikan discus masuk dalam jenis dari genus Symphysodon dan Cichlidae yang sangat nyaman dilihat dari samping sehingga dirawat pada akuarium.

Ikan discus memiliki jenis yang sangat beragam dengan perbedaan pada setiap jenisnya disesuaikan pada pada bagian warna sehingga terdapat jenis red discus, brown, discus, blue discus dan warna lainnya. Untuk keunikan yang menjadi pembeda dan sebagai daya tarik pada ikan discus terletak pada garis-garis tubuh yang melintang dari ujung ekor sampai kepalanya.

Warna dan kerumitan pola pada tubuh ikan discus menjadi penentu harga. Semakin cerah warna dan pola batik yang rumit akan membuat harga jualnya cukup tinggi. Harga ikan discus mulair puluhan ribu hingga jutaan.

Ikan Cupang

Ikan cupang tergolong ikan hias yang sangat mudah dibudidaya, dengan komunitas yang cukup solid membuat banyak kontes bermunculan. Kehadiran kontes ikan cupang membuat ikan ini akan kemabli berjaya sebagai salah satu ikan hias yang populer tahun 2024. 

Ikan cupang"Ikan cupang"
Berbagai jenis ikan cupang memiliki nilai ekonomi tinggi, seperti ikan cupang fancy, double tail, kanchen worachai, halfmoon, plakat, crowntail, slayer, nemo, giant, black samurai dan ikan cupang koi.
 
Harga ikan cupang tergolong murah, tetapi tidak pada ikan yang terbiasa langganan menang kontes. Untuk harga normal ikan cupang mulai dari belasan ribu hingga jutaan rupiah bagi yang telah merebut banyak gelar juara.

Dengan prediksi lima ikan hias air tawar yang akan naik daun pada 2024, diharapkan Sahabat Tani dapat memulai budidaya demi menyesuaikan permintaan pasar.

Related News