• 3 May 2024

Beternak Ayam Aduan Harus Sabar dan Telaten

Jagadtani - Memiliki hobi merawat hewan harus didasari kesukaan, bukan sekedar asal merawat. Terlebih pada hewan peliharaan yang bakal diikutan dalam kontes, seperti halnya burung kicau hingga ayam aduan atau kontes. 

Memelihara ayam aduan, bukan sekedar memberikan pakan tetapi juga harus melakukan perawatan ekstra dengan penuh kesabaran dan ketelatenan. 

Perawatan ayam yang berubah-ubah setiap harinya dengan waktu yang tidak konsisten dipastikan membuat ayam jadi tidak sehat 

"Sebelum melakukan perawatan, kita harus mengetahui kondisi dan karakter ayam. Jangan terlalu memaksakan ayam, apalagi pada ayam yang masih berusia muda."ungkap Abdullah - penghobi ayam kontes.

Merawat ayam harus dilakukan sejak pagi hari, dilanjutkan siang hingga sore hari. Namun sebelum menentukan akan merawat, bakal atau calon ayam yang dipilih harus memenuhi berbagai kriteria sebagai ayam aduan.

Ayam bangkok aduan"Ayam bangkok aduan"

"Kalau ayam yang dipelihara tidak bagus dari katuragan, pasti kurang bagus dalam permainan kontes. Waktu perawatan jadi terbuang sia - sia." Lanjutnya.

Saat ini, Abdullah merawat ayam aduan jenis Bangkok, Mangon dan persilangan antara ayam bangkok dan Mangon. Dirinya mengakui, etiap jenis ayam memiliki karakter berbeda. 

"Karakter ayam dapat dilihat dari asal indukan atau asal trah, memang kalau ayam dari trah yang bagus pasti harganya mahal. Bahkan anakan bisa banyak memburunya." Pungkasnya.

Melanjutkan tentang perawatan ayam, sejak pagi hingga sore hari harus menjalani serangkaian rutintas. Mulai dari pemberian pakan, ngorok (membersihkan lendir pada tenggorokan ayam), menjemur, olahraga, memandikan.

"Sebelum melakukan perawatan, sebaiknya pada pagi hari melihat kondisi ayam. Jika terlihat kurang sehat, pastikan menjaga kondisi dengan memberikan pakan dan asupan vitamin. Sebisa mungkin gunakan obat herbal agar lebih aman."

Pada kondisi cuaca yang berubah-ubah, perawatan juga harus menyesuaikan keadaan. Saat mendung atau hujan, sebaiknya ayam tidak perlu menjalani perawatan, hal paling utama menjaga kesehatan.

Tangkringan ayam untuk memperkuat otot"Tangkringan ayam untuk memperkuat otot"

Ayam yang sakit atau kurang sehat harus segera mendapatkan perawatan dan dipisahkan kandangnya. Ayam sangat mudah terkena penyakit yang berujung kematian, bahkan Abdullah pernah seluruh ayam rawatannya yang berjumlah banyak mati dalam waktu bersamaan.

Kesabaran dan ketelatenan yang konsisten menjadi kunci dalam merawat ayam aduan atau kontes. 

Related News