• 20 April 2024

Lima Prediksi Burung Kicau Paling Diincar 2024

Jagadtani - Dunia kicau masih menjadi ladang bisnis yang cukup menjanjikan untuk tahun 2024, terlebih dengan memanasnya suhu 'pemilu' sehingga hobi dapat menjadi penyalurannya. Apapun pilihannya, dalam dunia kicau mania suara burung tetap yang menjadi pilihan kicau mania. 

Dari prediksi tim jagad Tani, diperkirakan lima burung kicau ini akan masih digemari. Biasanya naik daunnya jenis burung kicau berkat dukungan para penggemar dalam satu komunitas yang berujung pada area kontes. Khusus kontes burung kicau merupakan bagian yang cukup penting dalam menarik minat kicau mania hingga mendongkrak harga. 

Untuk tahun 2024, berikut prediksi tim Jagad Tani pada burung kicau yang akan tren:

Murai Batu

Dengan masuknya murai import hingga banyaknya pembudidaya yang berhasil membuat harganya mulai menurun pada dua tahun belakangan. Ternyata kualitas murai batu kembali sebagai penentunya, terlebih bagi kicau mania yang rela merogoh kocek demi memiliki trotolan dari trah juara.

Gantangan atau kontes burung kicau"Gantangan atau kontes burung kicau"

Bagi penghobi burung murai batu, harga bukan menjadi kendala karena kualitas burung ketika digantangan sebagai pembuktiannya. Harga Murai batu mulai dari ratusan ribu hingga tak terhingga. Bahkan ada burung murai batu yang menembus angka satu milyar rupiah.

Kenari

Berasal dari pulau Canary yang ditemukan pada abad ke-15, burung kenari biasanya berwarna kuning. Namun dengan banyaknya perkawinan silang sehingga banyak warna mulai bermunculan. Sedangkan untuk jenis burung kenari juga sangat bervariasi, seperti Loper, Yorkshire, Border, golster, fife fancy dan lainnya.

Burung Kenari "Burung Kenari "

Selain dapat diikutkan dalam lomba burung kicau, burung kenari juga sering dijadikan burung masteran untuk burung murai batu dan jenis ocehan lainnya. Harga burung kenari memang tahun ini mulai turun karena mudahnya membudidayakan, tetapi diprediksi tahun 2024 akan kembali naik daun. Untuk saat ini, harga burung kenari mulai dari ratusan tibu hingga jutaan.

Love Bird

Burung love bird merupakan burung endemik dari Madagaskar yang telah tersebar ke seluruh dunia, termasuk Indonesia. Pada awalnya, budidaya love bird sangat menjanjikan karena harganya sangat fantastis dengan berbagai warna yang menggugah selera pencinta burung. Burung lover terbagi dalam 20 jenis yang tergantung pada perpaduan warna bulunya.

Burung love Bird"Burung love Bird"

Namun harga burung love bird memang sempat terjun bebas karena budidaya yang dianggap mudah dilakukan pada lahan sempit. Namun berkat kegigihan para penghobi mulai dari akar rumput yang mengikuti berbagai kontes sehingga secara perlahan mengembalikan kejayaan burung love bird. 

Cucak Ijo

Cucak ijo telah masuk dalam kategori hewan langka dan dilindungi. Usaha untuk membudidaya burung dengan suara merdu ini mulai dilakukan oleh para peternak burung tersebut dan mulai menunjukan keberhasilannya. Selain ditemukan di berbagai daerah di Indonesia juga ada di Brunei, Malaysia, Myanmar, Singapura dan Thailand.

Burung cucak ijo"Burung cucak ijo"

Cucak ijo atau hijau dengan nama ilmiah Chloropsis sonnerati, merupakan salah satu burung kicau yang kerap dijumpai pada kontes burung. Kemampuan kicau sangat mempesona sehingga banyak kicau mania yang tertarik untuk memeliharanya. Untuk harga burung cucak ijo mulai dari ratusan ribu hingga jutaan yang juga tergantung pada kualitasnya.

Kacer:

Dengan ciri berwarna hitam - putih, burung kacer atau Kucica kampung memiliki kemampuan kicauan yang luar biasa. Burung kacer sendiri dikenal dengan dua jenis, Kacer Daput (Dada putih) dan Kacer Dahit (Dada Hitam). sedangka untuk yang biasa dilihat pada kontes burung kicau adalah dada putih.

Burung Kacer "Burung Kacer "

Burung kacer yang kini dianggap sebagai muscicapidae dan genus Copsychusntuk berasal dari Asia Tenggara dan India, sekarang dibanderol mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah. 

Dengan lima jenis burung kicau yang diprediksi akan tren pada tahun 2024, tentu diharapkan kejayaan dapat dirasakan oleh para kicau mania yang juga sebagai pembudidaya.

 

 

Related News