• 3 May 2024

Si Cantik dari Asia “American Silkie Chicken”

Jagadtani - Jika dilihat sepintas ayam Amerika Silkie White ini memiliki keunikan tersendiri yaitu terletak pada bulunya yang lembut dan halus bak sutra, serta lebat hingga menutupi mata dan seluruh tubuhnya hingga jari-jari kakinya.

Bentuk tubuhnya yang terlihat menggemaskan dan lucu bagai mainan boneka. Sebutan ayam ini di Amerika adalah Silkie Bantam yaitu “unggas mewah” karena ada beberapa yang mampu mempesona dan menawan. Jika di Inggris ayam ini dikategorikan ke dalam unggas besar.

Asal Silkie Bantam (Ras Kecil) Chicken 

Beberapa informasi yang diperoleh dari artikel jurnal bahwa Silkie berasal dari China, Jepang bahkan India. Silkie sudah ada sejak tahun 200SM di Tiongkok dimana saat itu kerjaan Tiongkok dibawah kepemimpinan Dinasti Han.

Pada saat itu, terdapat tulisan Tiongkok Kuno yang menjelaskan secara detail tentang jenis burung tersebut, yaitu termasuk dalam kategori jenis burung purba. Mereka menyebutnya “wu gu ji” yang berarti dalam bahasa China “bertulang hitam”. Namun untuk kepastian lokasinya tidak diketahui. 

Ciri – Ciri Silkie Bantam (Ras kecil) Chicken

Ayam Silkie ras unggas yang berbeda dengan unggas-unggas seperti pada umumnya. Silkie memiliki kulit berwarna hitam dengan ciri bulu diseluruh tubuhnya yang sangat lembut seperti sutra.

Kulitnya berwarna hitam disebabkan oleh gen melanotic (Fibromelanosis) yaitu menunjukkan fibromelanosis atau hiperpigmentasi dermal dan memiliki duplikasi segmental kompleks pada kromosom 20 yang melibatkan gen endotelin 3, EDN3. Suatu wilayah genom, DR1 sebesar 127 kb, bersama dengan wilayah lain, DR2 sebesar 171 kb, diduplikasi melalui perpindahan secara silang yang tidak setara, disertai dengan inversi satu DR2, sedangkan gen dominan autosomal yaitu telihat bulu-bulunya membuat kurangnya kait bulu pennaceous.

Ayam Cantik dari Asia
 
Apabila bulu-bulu tersebut dapat menghasilkan dengan beberapa kait dibagian bulu sayap dan betis seperti yang dilihat pada rasa ayam pada umumnya, namun jumlahnya masih sangat kurang. Bagian ini adalah membuat bulu yang indah seperti bulu Silkie.

Jenis bulu Silkie sangat lembut, halus dan hampir menutupi semua tubuhnya kecuali pada paruhnya yang terlihat. Selain itu tampak pada beberapa Ayam Silkie dibagian kepalanya terdapat jambul dan memiliki janggut atau tidak berjanggut. Warna pada paruh Silkie adalah hitam kebiruan, kakinya berwarna biru pucat, sisir kenari yang sangat kecil dan matanya berwarna hitam.

Suara ayam Silkie lebih sering mengeram, jika bertelur hasilnya sedikit. Kecenderungan ayam adalah mengeram dan bertelur, namun ayam Silkie bukan ayam petelur yang produktif seperti ras Leghorn atau Rhode Island Reds, karena ayam Silkie tidak akan bertelur dalam keadaan “siklus mengeram”.

Jika mereka didalam siklus bertelur, akan terlihat berbeda-beda pada setiap ayam, ayam Silkie adalah ayam yang tidak terlalu diperhitungkan dalam jumlah bertelur. Karena American Silkie adalah seekor Bantam (ras kecil), unggas mewah dimana telurnya tidak terlalu besar ukuran hanya sedang, warna pada telurnya adalah putih hingga coklat muda. Jari kaki pada Silkie ada lima merupakan bagian yang sangat menarik dan berbeda dengan ayam lainya.

Sifat Silkie Bantam (Ras Kecil) Chicken

Ayam Silkie memiliki sifat yang sangat patuh dan lembut, kecenderungannya sifat mengeram atau pengaturan tidak dapat tertandingi. Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa ayam Silkie jika bertelur jumlahnya hanya sedikit. Bahkan ayam Silkie melakukan “mengeram” pun belum tentu bertelur seperti ras ayam pada umumnya.

Sifat Silkie yang sangat patuh dan lembuh ini dapat membuat sang pemelihara merasa terhibur, bahagia karena ayam ini mampu beradaptasi cepat dengan makhluk baru. Dengan sifatnya yang seperti itu ayam Silkie dikategorikan sebagai ayam hias, bukan ayam untuk beternak.

American Silkie Chicken
 

Melansir dari Asosiasi yang fokus pada ayam Silkie, yaitu American Poultry Association dan American Bantam Association, ayam Silkie dijaman dulu dan jaman modern ini memiliki perbedaan diantaranya pada warna bulunya.

Jaman dulu warna bulu Silkie hanya putih, namun melalui pengembangbiakan dengan teliti dan penuh kehati-hatian yang dilakukan oleh para peternak yang terus mengembangkan ilmunya dengan cara mencoba terus menerus, maka kualitas pada warna bulu ayam Silkie menjadi jauh lebih baik dibanding sebelumnya.

Varian warna ayam Silkie saat ini menjadi lebih beragam seperti Biru, Hitam, Abu-abu, Buff, Partridge dan Splash. Bobot ayam Silkie yang dilansir dari APA (Bantam) bahwa seekor ayam Silkie pada ayam jantan: 36 ons, ayam betina: 32 ons, dan menurut PCBG bobot ayam jantan: 1,81 kg, ayam betina: 1,36 kg, ayam Banteng: 600 gr, ayam Banten: 500 gr. Secara keseluruhan varietas ayam Silkie adalah ayam hias.

Referensi:

Anik Budhi Damayanthi, Yohei Terai, Sri Sulandari, M. Syamsul Arifin Zein, Yoko Satta, https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5381777/ 

"APA Standards of Perfection for Bearded Silkies." American Silkie Bantam Club. N.p., n.d. net. 07 July 2015. Online Mendelian Inheritance in Animals, OMIA. Faculty of Veterinary Science, University of Sydney, 7 July 2015. World Wide Web URL: http://omia.angis.org.au/ 

Roberts, Victoria. British Poultry Standards (6th ed.). Hoboken, NJ, USA: Wiley-Blackwell, 2009. ProQuest Brain. net. July 7, 2015. 

https://americansilkiebantamclub.org/about-silkies/ 

https://breeds.okstate.edu/poultry/chickens/silkie-bantam-chickens.html 

https://www.chickensandyou.com/

silkie-chicken/ 

Related News