• 29 April 2024

ASPAI Gelar BimTek dan Grafting Budidaya Anggur di Blitar

Jagadtani - Asosiasi Penggiat Anggur Indonesia (ASPAI) sebagai wadah para penggiat anggur di Indonesia yang tengah mendorong pengembangan anggur, menggelar 'Pelatihan dan Bimbingan Teknis Budidaya Anggur (Table Grape) di Negara Tropis' di Pondok Pesantren Maftahul Ulum, desa Jatinom, Kabupaten Blitar - Jawa Timur, pada Minggu (10/12).

Pembukaan Bimtek dan sekaligus pelatihan budidaya anggur oleh ASPAI dilakukan oleh  H. Khubby Ali Rochman, M.Si./H. Heri Yanto. SH., MM (Pengasuh Ponpes Maftahul Ulum & Kung Anggur), Tosan Ajie, SE.- Ketua Umum DPP ASPAI, Ir. M. Zainal Fatah M.Si./ Agus Riyanto, ST., MM.- Ketua Umum PP KMA-PBS, Toha - Kepala Dinas Pertanian & Ketahanan Pangan Kab. Blitar dan Dr. Liferdi Lukman, SP., M.Si. - Direktur Buah dan Florikultura, Direktorat Jenderal Hortikultura.

Pada pembukaan, Tosan Ajie, SE sebagai ketua umum DPP ASPAI mengatakan "Saya berharap pengembangan anggur yang sesuai ditargetkan oleh kementerian pertanian sebanyak 20 persen akan dapat berjalan dengan benar, tentunya harus berkolaborasi dengan dinas pertanian daerah dan teman - teman Peng'Angguran di seluruh daerah Indonesia, terutama di DPD - DPD ASPAI. Blitar merupakan salah satu daerah yang cukup cocok untuk menjadi lokasi pengembangan anggur karena iklim , teksture tanah dan lingkungan sekitarnya. 

Lebih lanjut, ASPAI mengatakan Blitar dapat menjadi lumbung anggur dengan kemampuan menyumbangkan 30 persen dari total target untuk Indonesia. 

ASPAI Gelar BimTek dan Grafting Budidaya Anggur di Blitar"ASPAI Gelar BimTek dan Grafting Budidaya Anggur di Blitar"
 
Dalam Budidaya Anggur di Negara (Iklim) Tropis, Asosiasi Penggiat Anggur Indonesia menghadirkan para pembicara yang telah mengetahui berbagai hal hingga permasalahn dunia anggur. Terdapat empat materi yang dianggat oleh para pembicara, mulai dari pemilihan bibit hingga perawatan dan lainnya.

Untuk materi pada 'Pelatihan dan Bimbingan Teknis Budidaya Anggur (Table Grape) di Negara Tropis':

  • Budidaya anggur di negara (iklim) tropis oleh Tosan Ajie, SE (Ketua Umum DPP ASPAI/Firizco Garden Cimahi - Bandung)
  • Pemilihan Bibit Pohon Anggur Bagi Pemula dan Cara Penanaman oleh Tanusi (Sekretaris II DPP ASPAI/Antah Berantah Garden - Bekasi)
  • Pencegahan dan Penanggulangan Hama dan Penyakit oleh Ir. Andi Sugiri (Ketua Litbang ASPAI/ Sawarga Grape - Bogor)
  • Metode Pembuahan Anggur dan Sistem Pemupukan pada Fase Generatif oleh M. Syaifullah, S.I.Kom, (Ketua II PP ASPAI/Taman Langit Grape - Bekasi).
  • Prospek Bisnis Pengembangan Budidaya Anggur (Table Grape) oleh H. Heri Yanto, SH., MM. (Dewan Pembina DPP ASPAI/ Owner Kung Anggur)
  • Praktek Pengembangan Budidaya Anggur (Table Grape) di Negara Tropis oleh Dedi Suryadi, Sdr. Beril, Sdr. Riries & Tum Kung Anggur dan Tanusi (Sekretaris II DPP ASPAI & Antah Berantah Garden – Bekasi).

Seperti yang diketahui bersama, kebutuhan buah anggur untuk dikonsumsi (Table Grape)di Indonesia cukup tinggi, sehingga dengan adanya Pelatihan dan Bimbingan Teknis Budidaya Anggur (Table Grape) di Negara Tropis memang sangat dibutuhkan dalam rangka mendukung Pencanangan Gerakan Nasional Subtitusi Impor Anggur 20% pada 2030. 

ASPAI Gelar BimTek dan Grafting Budidaya Anggur di Blitar"ASPAI Gelar BimTek dan Grafting Budidaya Anggur di Blitar"
 
Selanjutnya, ASPAI juga menyiapkan grafting sebanyak 3,000 benih pohon anggur di Kung Anggur Blitar, Pembahasan Tata Cara Pengurusan Pendaftaran Varietas dan Izin Edar Varietas Anggur (Table Grape) dan Pembahasan Izin Penangkaran (Pembenihan), dan diakhiri dengan diskusi tentang Prosedur dan Persyaratan Pendaftaran Varietas & Izin Edar Varietas Anggur (Table Grape), Prosedur dan Persyaratan Izin Penangkaran Pembenihan Anggur (Table Grape) dan Prosedur & Persyaratan Pengurusan Izin P4S (Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya) untuk Penyiapan SDM – Tenaga Terdidik & Berpengalaman di Bidang Budidaya Anggur (Table Grape).

Related News