• 29 April 2024

ASPAI, Sertifikat Pendaftaran Empat Varietas Anggur Unggulan Blitar

Jagadtani - Usaha besar dalam pemulian tanaman anggur kembali dilakukan Asosiasi Penggiat Anggur Indonesia (ASPAI), kali ini dengan mendaftarkan empat varietas anggur unggulan di Kabupaten Blitar, Jawa Timur.

Keempat varietas anggur unggul kab Blitar yang telah didaftarkan dan memperoleh sertifikat tanda daftar yaitu:

  • Jatianoman: dari jatinom(nama desa)
  • Boekhori: bukhori dalam transliterasi belanda
  • Gurdisom:Guru santri Dissa Djatinom
  • Takripan:kitab Taqrib (fathul qarib mujib kitab favorit mbah bukhori dan mbah sapuan)
Penyerahan SK tanda daftar varietas anggur unggulan kab Blitar "Penyerahan SK tanda daftar varietas anggur unggulan kab Blitar "

Seperti diketahui bersama, tanaman anggur bukan tanaman asli dari Indonesia sehingga membutuhkan waktu yang cukup lama dalam penyesuainnya.

Empat varietas tersebut telah beradaptasi dengan kultur tanah hingga kondisi cuaca di daerah Blitar merupakan tanaman anggur dari indukan berasal negara Ukraina.

Sesuai informasi yang diterima tim Jagad Tani, pendaftaran ini membutuhkan waktu selama tiga minggu hingga memperoleh sertifikat tanda daftar dari Ditjen Hortikultura Kementerian Pertanian Republik Indonesia.

Liferdi Lukman,SP,M,Si, - direktur buah dan florikultura.direktorat jendral holtikutura"Liferdi Lukman,SP,M,Si, - direktur buah dan florikultura.direktorat jendral holtikutura"

Pembudidaya keempat varietas anggur unggulan tersebut merupakan hasil kerja keras dan konsisten dari Kung Anggur Blitar/Bintaro dan juga rekan - rekan dari ASPAi. 

Drs IZULMAROM M.sc - Sekda kabupaten Blitar"Drs IZULMAROM M.sc - Sekda kabupaten Blitar"

Hadir dalam penyerahan sertifikat tanda daftar empat varietas anggur unggulan,  Wakil Menteri Pertanian yang diwakili oleh direktur buah dan florikultura.direktorat jendral holtikutura - Dr.Liferdi Lukman,SP,M,Si, bersama Drs IZULMAROM M.sc Sekda mewakili Bupati Blitar Dan para anggota Asosiasi Penggiat Anggur Indonesia.

Dengan memperolehnya sertifikat tanda daftar, tentu ASPAi semakin membuktikan dalam pengembangan tanaman anggur sesuai dengan ditunjuknya sebagai 

Penyerahan sertifikat tanda daftar varietas anggur ke kan Blitar"Penyerahan sertifikat tanda daftar varietas anggur ke kan Blitar"

Pihak ASPAI yang diwakili M. Syaifullah, S.I.Kom, - Ketua II PP ASPAI/Taman Langit Grape - Bekasi mengatakan dengan diperolehnya sertifikat tanda daftar, diharapkan dapat menjadi varietas yang legal dan kebutuhan pengadaan bibit dalam program pemerintah

Lebih lanjut, "Kita berharap ada regulasi yang mendukung penggiat anggur di Inodonesia dan anggur sebagai buah komoditas nasional di dukung tumbuh kembang nya oleh pemerintah baik dari segi sarana dan prasarana maupun teknologi pertanian hingga serapan hasil produksi untuk pasar nasional." Pungkas M. Syaifullah S.I.Kom yang akrab dipanggil Ipoel War-Wer ini.

Setelah penyerahan sertifikat tanda daftar varietas anggur unggulan tersebut, acara dilanjutkan dengan pengukuhan secara simbolis dewan pengurus pusat (DPP) ASPAi.

 

Related News