• 2 May 2024

Ayam Berenang? Rawatan Wajib Bagi Ayam Bangkok

Jagadtani - Mungkin bagi sebagian Sahabat Tani merasa aneh dengan ayam jago yang sengaja dilatih berenang. Namun. Sebenarnya secara naluri, ayam juga mampu berenang ketika dalam keadaan terpaksa. Sedangkan bagi penghobi ayam kontes atau aduan, ayam berenang merupakan salah satu dari rangkaian perawatan.

Dalam perawatan ayam aduan memiliki tujuan untuk tidak hanya meningkatkan stamina, tetapi juga melatih kekuatan dan juga pembentukan fisik. Selain diumbar, ayam kontes biasanya akan dilatih berenang. 

Namun tidak semua jenis ayam aduan atau kontes harus berlatih berenang, salah satunya ayam jenin Mangon yang tidak cocok dilatih berenang. Informasi ini diberikan oleh Abdullah, seorang penghobi ayam kontes di daerah. " Latihan berenang dapat membentuk fisik, stamina dan kekuatan untuk bertanding. Tetapi tidak semua jenis ayam cocok dilatih berenang, karakter bertanding ayam Mangon kurang cocok dengan pola rawatan berenang." Ujar Abdullah.

Ayam bangkok berenang "Ayam bangkok berenang "

Untuk melatih ayam bangkok berenang harus melalui tahapan agar tidak menimbulkan resiko pada ayam tersebut. Seperti halnya pada pola rawatan ayam kontes pada umumnya, kondisi stamina harus dalam kondisi bagus. Ayam bangkok yang kurang fit tidak boleh menjalani pola rawatan apapun.

Untuk melatih ayam berenang, pastikan ketinggian permukaan air berada di atas kepala beberapa sentimeter. Begitu pula dengan luas kolam, pastikan tidak terlalu sempit atau lebar. Jika ketinggian air hanya sebatas leher, biasa ayam tidak bergerak seperti berenang tetapi justru ayam hanya akan berjalan saja.

Perawatan ayam bangkok"Perawatan ayam bangkok"

Ayam bangkok yang pertama kali berlatih, pastikan berenang tidak lama waktu yang lama. Durasi waktu untuk ayam aduan yang pertama kali berenang adalah 3 - 5 menit dan diistirahatkan selama beberapa menit. "Ayam jago yang pertama belajar berenang jangan harus diforsir, ayam juga bisa terkena Kram sehingga berbahaya."

Jika telah terbiasa, maka bisa berdurasi sekitar lima hingga sepuluh menit. Namun tetap harus dijaga agar ayam tidak tenggelam karena kecapean. "Ayam yang telah terbiasa olahraga berenang dapat diberikan dengan waktu lebih lama dan beberapa sesi dalam satu hari. Untuk pemberian latihan berenang maksimal satu kali dalam seminggu." Pungkas Abdullah.

Tujuan ayam bangkok berenang"Tujuan ayam bangkok berenang"

Untuk waktu olahraga berenang yang terbaik adalah pada pagi hari, setelah pemberian pakan. Dan setelah menjalani proses latihan berenang, ayam jago harus dimandikan dengan shampo agar kebersihan bulu tetap terjaga. Hal yang harus diperhatikan adalah menghindari musim hujan.

Related News