• 3 May 2024

Parimo Dicanangkan Jadi Kawasan Sentra Produksi Ternak

uploads/news/2023/12/parimo-dicanangkan-jadi-kawasan-202262b6ef7b783.jpeg

Jagadtani - Bupati Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, Richard Arnaldo, mencanangkan Kecamatan Parigi Selatan, sebagai Kawasan Sentra Produksi Ternak (KSPT).

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Sekretariat Kelompok Tani Harapan Baru II, Dusun III Gunung Mulya, Desa SumberSari.

Pencanangan KPST ini dilakukan guna mewujudkan peningkatan pertumbuhan ekonomi yang adil dan inklusif, khususnya pada sub sektor peternakan di daerah tersebut.

Pemerintah derah kata dia, terus berupaya meningkatkan kapasitas sumber daya peternak, untuk memperkuat jaringan terutama dalam sistem pemasaran dan pemanfaatan teknologi.

"Semua program dan kegiatan yang dilaksanakan bertujuan untuk meningkatkan produksi pangan asal hewani, kita juga berupaya untuk meningkatkan populasi ternak dan produksi daging, serta telur," terang Plt. Kepala Dinas Perternakan dan Kesehatan Hewan Parimo, Normawati M Said.

Pj. Bupati Parimo, Richard Arnaldo mengakatan, pencanangan KSPT sebagai salah satu langkah kongkrit dalam pengendalian inflasi, penurunan angka kemiskinan ekstrim dan penurunan prevalensi stunting.

Sehingga ia mengimbau OPD terkait, pemerintah desa, stakeholder, terutama kelompok peternak, agar bersinergi dan berkolaborasi dalam pengembangan kawasan tersebut.

"Saya harap KSPT Parigi Selatan menjadi pilot project untuk membentuk KSPT lainnya di Parigi Moutong ini,," harapnya.

Ia berpesan, agar para penerima bantuan dapat menjalankan program tersebut secara serius dan konsisten. Sehingga, akan banyak kemajuan dan kesuksesan yang dicapai.

"Selaku pemerintah daerah kami menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada stakeholder lainnya, terutama kepada Universitas Tadulako, melalui dekan Fakultas Peternakan dan Perikanan yang telah ber MoU dengan dinas, dalam rangka peningkatan kapasitas sumber daya peternakan dan aktualisasi pengabdian kepada masyarakat," pungkasnya.

Related News