• 28 April 2024

FORWOT Umumkan Finalis Cars dan Motorcycles of the Year 2023

uploads/news/2023/12/forwot-umumkan-finalis-cars-15902ebeed6828f.jpg

Forum Wartawan Otomotif Indonesia (FORWOT) kembali menggelar pemilihan mobil dan sepedamotor terbaik, setelah hiatus 3 tahun (2020-2022). Sebagai bagian dari mendorong percepatan penggunaan kendaraan rendah emisi dan ramah lingkungan, tahun ini ada penambahan kategori baru.

Cars of The Year 2023 memiliki satu pemenang pada masing-masing 3 kategori, yakni ICE (Internal Combustion Engine), HEV (Hybrid Electric Vehicle), serta BEV (Battery Electric Vehicle). Pun dengan sepeda motor, pada edisi tahun ini memiliki pemenang untuk kategori ICE dan sepeda motor listrik.

“Hadirnya kategori-kategori baru yakni Hybrid Electric Vehicle, Plug-in Hybrid Electric Vehicle, dan BEV tak lepas dari tren kendaraan elektrifikasi di Indonesia. Lewat penghargaan ini pula, kami ingin mengapresiasi para produsen yang telah meluncurkan teknologi elektrifikasi yang harapannya bisa membantu pencapaian target pemangkasan emisi dan menumbuhkan industri otomotif dalam negeri,” ujar Indra Prabowo, Ketua Umum FORWOT.

Seperti pelaksanaan-pelaksanaan sebelumnya, para anggota Forwot menghimpun mobil dan sepedamotor yang meluncur sepanjang Januari 2022 hingga Oktober 2023.

Selama periode tersebut kami menjaring 88 model kendaraan untuk penilaian Forwot Cars of The Year 2023 (FCY 2023). Dari total tersebut, sebanyak 55 model mobil ICE, 16 mobil berteknologi HEV, dan 17 model BEV.

Lalu untuk Forwot Motorcycles of The Year 2023 (FMY 2023), tim juri mengumpulkan 59 model yang meluncur sepanjang Januari 2022 hingga Oktober 2023. Di mana 15 model di antaranya adalah sepedamotor listrik.

"Sejak beberapa tahun ke belakang kami melihat tren elektrifikasi dengan banyaknya peluncuran mobil kendaraan elektrifikasi. Kehadiran kendaraan yang ramah lingkungan ini direspons baik oleh pasar dan terbukti penjualannya mengalami peningkatan dalam beberapa tahun terakhir. Di sisi lain, kami pun menangkap pertumbuhan tren SUV dari berbagai ukuran, mulai dari small, compact, medium hingga large," ungkap Ketua Bidang Roda-Empat FORWOT dan Ketua Dewan Juri FCY 2023, Mufrod.

Penggunaan kendaraan elektrifikasi menjadi salah satu upaya yang didorong pemerintah untuk mencapai target netralitas karbon pada 2060. Belum lama ini, Presiden Joko Widodo menerbitkan Perpres No. 79/2023 terkait TKDN mobil listrik untuk merangsang industri kendaraan listrik berbasis baterai di Indonesia.

"Biaya operasional yang relatif rendah menjadi salah satu alasan masyarakat mulai beralih menggunakan sepeda motor listrik. Permintaannya pun semakin besar terlihat dari makin banyaknya merek dan model yang tersedia di pasar,” kata Ketua Bidang Roda-Dua FORWOT dan Ketua Dewan Juri FMY 2023, Ainto Harry Budiawan.

Finalis Cars & Motorcycles of The Year 2023  

Hari ini (18/12), Forwot mengumumkan 25 kendaraan (roda-empat dan roda-dua) favorit setelah melalui beberapa aspek penilaian (Desain, Kenyamanan, Keselamatan, Performa, Handling, Fungsionalitas, Pengalaman Berkendara, dan Harga).

ICE Roda-Empat (berdasarkan alfabet):

Chery Omoda 5

Honda HR-V

Hyundai Stargazer X

Mitsubishi Xforce

Wuling Alvez

HEV Roda-Empat (berdasarkan alfabet):

Honda CR-V Hybrid

Suzuki Grand Vitara Hybrid

Suzuki XL7 Hybrid

Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid

Wuling Almaz Hybrid

BEV Roda-Empat (berdasarkan alfabet):

Hyundai IONIQ 6

Kia EV6 GT-Line

Neta V

Toyota bZ4X

Wuling Air ev

ICE Roda-Dua (berdasarkan alfabet):

Aprilia SR-GT 200

Honda ADV160

Suzuki V-Strom 250 SX

Vespa GTV 300

Yamaha X-Max Connected

Sepeda Motor Listrik (berdasarkan alfabet):

Alva Cervo

Gesits Raya G

Polytron Fox R

Vespa Elettrica

Yadea E8S Pro

FCY dan FMY merupakan sebuah penghargaan bergengsi terhadap kendaraan roda-empat dan roda-dua karena dipilih oleh para jurnalis dari berbagai media nasional secara mandiri, professional dan obyektif. Ini merupakan salah satu kontribusi FORWOT terhadap isu maupun industri otomotif di Indonesia.

Pengumuman para pemenang dari masing-masing kategori akan diselenggarakan pada Jumat, 22 Desember 2023, di Jakarta. So, stay tune.

Related News