• 29 April 2024

Maggot Bahan Olahan Pakan ikan Berprotein Tinggi

uploads/news/2023/12/maggot-bahan-olahan-pakan-8342237ce603fd8.jpg

Kebutuhan protein tinggi pada pakan ikan dapat terpenuhi melalui olahan yang berasal dari maggot. Dengan keunggulan dapat memanfaatkan sampah organik sisa makanan, maggot menjadi bahan baku pilihan bagi Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

Pihak KKP melalui Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan (BPPSDM) telah mengembangkan Low Carbon feed (LoCa feed), produk pakan ikan dari maggot.

Maggot yang dihasilkan dari telur lalat hitam Black Soldier Fly (BSF) sangat aktif memakan sampah organik. Proses biokonversi oleh maggot ini dapat mendegradasi sampah makanan lebih cepat, tidak berbau, dan larvanya dapat menjadi sumber protein yang baik untuk pakan ikan.

“LoCa feed adalah produk pakan ikan yang membatasi pengaruh lingkungan yang berasal dari proses produksi, pengolahan, persiapan, pengemasan, hingga limbah. Hal ini sejalan dengan program prioritas KKP dalam menerapkan Blue Economy dan mendukung implementasi ASEAN Blue Economy Framework yang resmi diadopsi dalam Konferensi Tingkat Tinggi ASEAN di Jakarta pada September 2023,Jargon yang diusung adalah “Today Waste, Tomorrow Protein”, ujar Kepala Pusat Riset Perikanan BPPSDM Yayan Hikmayani.

Produk ini merupakan hasil inovasi program OkeSobat (Olah Kembali Sisa Organik Makanan Bersama Magot) melalui kegiatan Smart Fisheries Village (SFV) Unit Pelaksana Teknis (UPT) di Miniplant of Low Carbon Feed Indonesia di Balai Riset Budidaya Ikan Hias (BRBIH) Depok, Jawa Barat, salah satu UPT BPPSDM.

Produk yang sudah dihasilkan LoCa Feed antara lain LoCa Feed Dried yaitu magot kering diproses melalui pemanasan secara merata hingga produk ini menjadikan ikan hias lebih sehat dan performa warna ikan lebih terang.

Produk lainnya, LoCa Feed Pelet, adalah formulasi dari berbagai bahan baku pilihan untuk dihasilkan performa kualitas suplemen pakan ikan hias terbaik.

Ada juga LoCa Feed Granul, yaitu produk turunan magot varian granul yang sesuai untuk pakan benih ikan atau ikan hias berukuran kecil, baik untuk pertumbuhan dan perkembangan benih ikan. Terbuat dari 100% maggot 

Selain itu ada LoCa Feed Powder yaitu produk varian powder yang dapat digunakan langsung sebagai pakai ikan.

Terakhir ada LoCa Soil merupakan produk samping bekas budidaya magot (LoCaSoil) sebagai pupuk penambah nutrisi pada tanaman. Produk turunan magot varian soil ini memiliki keunggulan diantaranya bernilai gizi, bebas patogen, harga terjangkau dan ramah lingkungan dengan metode yang rendah emisi (Low Carbon).

Related News