• 2 May 2024

Mengenal Perbedaan Domba Garut dan Domba Priangan

"Dengan melihat bagian telinga, kita sapat mengetahui domba tersebut jenis domba Garut atau pun domba Priangan. Jadi tidak selalu bagian tanduknya saja yang menjadi ciri utama domba Garut. Untuk rasa daging, perbedaannya sangat tipis. Bahkan mungkin hanya bisa dibedakan oleh mereka yang sangat memahami."

 

Jagadtani - Perkembangan domba sebagai hewan ternak semakin pesat, terlebih memelihara domba dianggap lebih mudah dibandingkan memelihara kambing. Di Indonesia sendiri, terdapat beberapa jenis domba dengan yang paling banyak dibudidayakan domba Garut, domba Priangan, domba ekor tipis, domba ekor gemuk, domba Merino dan lainnya. Namun dari banyaknya jenis domba, domba Garut dan domba Priangan yang paling diminati untuk dipelihara karena nilai jualnya terjangkau masyarakat.

Cukup banyak peternak yang berusaha membudidayakan kedua jenis domba ini dalam satu kandang. Tentunya banyak yang kesulitan untuk membedakan kedua jenis domba ini. Memang secara kasat mata, antara domba Garut dan domba Priangan memang terlihat sama. Namun pada dasarnya terdapat perbedaan yang sangat mudah diketahui bagi Sahabat Tani. 

Membedakan Domba Garut dan domba Priangan"Membedakan Domba Garut dan domba Priangan"
 
"Ciri fisik yang paling mudah dilihat untuk membedakan antara domba Garut dan domba Priangan, adalah daun telinga. Domba Garut tidak memiliki daun telinga atau pastinya lebih kecil dari pada domba Priangan. Jadi dengan melihat telinganya, kita bisa mengetahui jenis domba." ungkap Nasir - peternak domba & kambing di Bekasi.

Perbedaan pasti antara domba Garut dan domba Priangan yakni:

  1. Domba Garut memiliki daun telinga yang lebih kecil (4-8 cm), sedangkan daun telinga domba Priangan lebih panjang (8-12 cm).
  2. Perawan domba Garut lebih besar pada bagian depannya, sementara domba Priangan terlihat lebih besar pada bagian belakang tubuhnya.

Lalu bagaimana dengan hasil daging yang dapat dihasilkan dari kedua jenis domba ini, sesuai dengan psotur tubuh domba Priangan yang lebih besar pada bagian belakang maka daging yang dihasilkan lebih banyak dibandingkan domba Garut.

"Kalau untuk daging pada ukuran domba yang sama, biasanya daging domba Priangan akan lebih banyak dibandingkan domba Garut. Secara rasa pun tidak terlalu berbeda sehingga kadang yang membeli domba Garut karena melihat kegagahannya tanpa memikirkan karkas." pungkas Nasir.

Hal tersebut dapat dirasakan atau diketahui dengan memegang bagian belakang punggung domba, semakin gemuk atau besar maka terasa pada genggaman. Untuk memastikan, Sahabat Tani dapat melakukan penimbangan agar mengetahui berat dari kedua domba tersebut. Padahal secara harga, domba Priangan akan lebih murah dibandingan domba Garut dengan ukuran yang sama. 

 

 

Related News