• 15 June 2024

Clemira Unggas, Peternakan Ayam Kalkun di Bekasi

Jagadtani - Pesona ayam kalkun memang belum dapat menggeser ayam potong, walau secara kandungan dagingnya menjanjikan rasa istimewa. Berdasarkan hal tersebut, ayam kalkun lebih dijadikan sebagai hewan unggas hias di pekarangan rumah. 

Tentunya sebagai unggas hias, harga ayam kalkun juga sangat menjanjikan bagi para peternak, seperti Rustrianto pemilik Clemira Unggas Official Store yang fokus pada budidaya ayam kalkun di daerah Rawa Lumbu kota Bekasi ini. 

Menempati lahan milik keluarga seluas 2.500 meter persegi, sejak tiga tahun lalu Rustrianto mulai menekuni budidaya kalkun yang sebagai bisnis utama. 

"Peminat ayam kalkun sebagai unggas hias sangat besar, walau tidak menutup kemungkinan ada yang menjadi hewan potong. Penghobi pun tidak hanya dari Jabodetabek, tetapi bisa sampai di luar pulau Jawa.

Anakan hasil budidaya Clemira Unggas Official Store"Anakan hasil budidaya Clemira Unggas Official Store"

Selain ayam kalkun, Clemira Unggas Official Store juga menyediakan unggas lainnya, seperti entok hias, angsa, ayam hias lainnya. Sedangkan khusus ayam kalkun, Rustrianto juga menyediakan berbagai jenis ayam kalkun. 

"Dari delapan jenis ayam kalkun di Indonesia, ada beberapa jenis yang digemari oleh penghobi, seperti Black Spanish, White Holland, Narragansett, dan lainnya 

Sementara usia ayam kalkun yang dijual mulai dari usia tujuh hari hingga dua minggu dengan banderol Rp50.000. Untuk usia ayam kalkun di atas dua minggu bisa mencapai Rp80 ribu. 

Selain menjual dalam kondisi hidup, Clemira Unggas Official Store juga menyediakan daging ayam kalkun segar. Rustrianto juga memastikan semua jenis kalkun bisa dikonsumsi pada waktu - waktu tertentu. 'Selain hari peringatan Thanksgiving dan Hari Raya Natal, harga daging kalkun berkisar Rp120.000 per kilogram. Sementara harga mendekati hari Besar Keagamaan diharga Rp150 ribu per kilogram nya." Ujarnya.

Ayam kalkun di Clemira Unggas Official Store"Ayam kalkun di Clemira Unggas Official Store"

Ayam kalkun termasuk unggas yang memiliki daya tahan tubuh cukup bagus, tetapi tetap membutuhkan perawatan agar dapat hidup sehat. Untuk itu, Rustrianto siap mendampingi dalam bidang perawatan setelah membeli kalkun dari peternakan miliknya.

"Selain menjual ayam kalkun, saya juga memberikan bantuan cara merawat agar kalkun dapat hidup sehat dan berusia panjang. Usia kalkun bisa mencapai 25 tahun, saya pernah merawat ayam kalkun yang usianya telah mencapai 15 tahun." 

 

 

Related News