• 28 April 2024

Penangkal Stres Hewan Pasca Malam Tahun Baru

uploads/news/2023/12/penangkal-stres-hewan-pasca-3123288bc53f725.jpg

Jagadtani - Perayaan malam tahun baru identik dengan kembang api dan terompet sehingga polusi suara dipastikan akan hadir selama beberapa saat. Hal ini dapat menjadi kendala bagi sebagian hewan, walau sebagian hewan peliharaan atau ternak mungkin tidak menjadi masalah. 

Hewan yang tidak terbiasa dengan suara gaduh, tentu akan stres sehingga dampak cukup luas. Bahkan hewan peliharaan akan ketakutan sehingga menurunkan antibodi dan dalam jangka panjang akan mempengaruhi perilakunya. 

"Hewan ternak yang mengalami stres karena suara bising kembang api maupun petasan dapat stres. Hal ini sangat berpengaruh pada perilaku hewan tersebut, seperti pada bebek petelur yang jadi sulit bertelur. Tentunya kerugian bagi para peternak bebek maupun ayam petelur. Hal ini menjadi salah satu alasan peternak memilih lokasi yang jauh dari keramaian." Ungkap Djoko Chandra pemilik JTA Farm.

Faktanya, sebenarnya tidak hanya hewan peliharaan saja yang stres karena suara keras dari petasan, kembang api maupun terompet. Tetapi hewan liar juga akan ketakutan hingga lari menghindari sumber suara tersebut. 

Untuk mengatasi perilaku hewan yang stres akibat malam tahun baru, berdasarkan tips yang dilansir tim Jagadtani dari four-paws sebagai berikut:

Cara menenangkan hewan peliharaan

  • Hewan yang berada di rumah sebaiknya ditenangkan melalui pemutaran musik dengan volume harus dapat meredam suara petasan. Untuk musik yang distel, usahakan tidak membuat hewan peliharaan semakin stres atau semakin bertingkah.
  • Ada baiknya Sahabat Tani menyiapkan ruang khusus yang kerap suara dengan udara yang sejuk sehingga hewan peliharaan dapat tenang tanpa terganggu. 
  • Jika anda meninggalkan hewan peliharaan di dalam rumah tanpa ada yang menjaga, sebaik tidak ada celah untuk melarikan diri. Hewan peliharaan yang stres, terkadang membutuhkan belaian agar lebih tenang. Tetapi karena pemiliknya tidak ada, mereka bisa melarikan diri karena stres. 
  • Ketika hewan stres, karakter akan berubah seperti tidak menurut pada perintah, tidak mau makan hingga buang air sembarangan. Ketika hal ini terjadi, ada baiknya Sahabat Tani tetap berempati dengan tidak membentak dan memarahinya. Tujuannya jangan semakin membuat hewan peliharaan semakin stres dan frustasi.

Dengan berbagai treatment yang menyesuaikan kebutuhan hewan peliharaan kesayangan, tentu diharapkan dapat melalui fase hingga menurunkan tingkat stres mereka. Hal yang perlu diingat adalah jangan pernah menambahkan perilaku yang memicu frustasi hewan anda.

 

Related News