• 20 April 2024

Tujuh Masteran Burung Murai Paling Dicari 2024

uploads/news/2023/12/tujuh-masteran-burung-murai-25540c51c727f25.jpg

Jagadtani - Dalam kontes burung Murai Batu, kicauan dari suara burung lainnya yang menjadi penilaian para juri. Burung Murai memang terkenal dapat menurunkan suara burung kicau tetapi harus melafalkan dengan fasih. 

Suara burung kicau lainnya diperoleh dari hasil pemasteran burung. Namun Sahabat Tani harus memastikan burung yang dijadikan 'guru vokal' harus tepat agar mendapat nilai ketika mengikuti kontes dari para juri.

Untuk burung kicau yang paling dicari oleh kicau mania, khususnya pencinta murai Batu mulai dari burung kecil hingga yang berukuran besar. Burung Masteran untuk murai batu paling dicari tahun 2024, yakni:

Burung Konin

Burung kolibri Ninja atau lebih dikenal konin memang kerap dijadikan masteran Murai Batu. Terlebih pada murai batu yang sedang mutasi dari trotolan ke pastol.

Cuitan burung kecil ini memang terkenal sebagai guru vokal sehingga harga yang telah gacor cukup tinggi. Untuk memelihara konin sebagai pemakan madu bunga memang cukup mudah, Sahabat Tani cukup memperhatikan air (minum + mandi). Selain pemberian nektar dapat diberikan kroto.

Burung Love Bird

Memang nilai jual burung Love Bird telah turun drastis, tetapi suara yang dihasilkan menjadi incaran para kicau mania sebagai burung masteran. 

Burung Cililin

Termasuk hewan yang dilindungi, burung Cililin menjadi guru vokal yang cukup diminati oleh kicau mania sehingga harga jualnya masih cukup tinggi mencapai Di atas satu jutaan. Di Indonesia, burung Cililin berasal dari Sumatera dan Jawa Barat. 

Untuk mengakali dalam mendapatkan suara burung Cililin, kicau mania kerap menggunakan mp3 sebagai masteran. Dengan suara burung Cililin, murai Batu memiliki senjata atau tembakan dalam berlaga di kontes burung.

Burung Kenari

Kicauan burung Kenari yang terkenal dengan durasi panjang atau kerap disebut 'ngeroll' membuatnya diincar sebagai masteran burung Murai Batu. 

Mudahnya perawatan dan harga yang cukup ekonomis, burung kenari menjadi incaran kicau mania sebagai burung masteran Murai Batu.

Burung Cucak

Beberapa burung yang masuk dalam jenis Cucak kerap dijadikan masteran Murai Batu. Namun tidak semua jenis Cucak dapat dijadikan masteran karena tergantung pada kicauan yang dihasilkan. 

Burung Cucak yang kerap dijadikan masteran dan diincar oleh kicau mania pada 2024, seperti Cucak jenggot dan Cucak kinoy. Sebagai burung pemakan buah dan juga serangga memang terkenal dengan kicauan.

Burung Katem

Burung kapas tembak yang masuk dalam jenis kapasan terkenal dengan suara besatannya. Kemampuan kicau dari kapas tembak dianggap dapat menakuti lawannya sehingga menjadi masteran burung Murai Batu yang dicari oleh kicau mania. 

Perawatan burung Katem juga tergolong mudah, pakan yang disukai berupa Pisang dan serangga.

Burung Gereja terung

Bagi sebagian orang, burung Gereja tidak bermanfaat, bahkan dianggap merugikan. Tetapi bagi kicau mania, ocehan burung Gereja sangat disukai sehingga banyak yang mencarinya. 

Untuk ocehan yang dicari dari burung Gereja bukan sekedar suaranya tetapi suara Gereja terung atau bertarung. Untuk mengakali, Sahabat Tani dapat menggunakan suara mp3 yang banyak tersedia di YouTube.

Namun yang harus diperhatikan, proses pemasteran karena sangat penting agar murai Batu dapat menyimak hingga mengingatnya. Untuk waktu pemasteran dan volume juga bagian terpenting agar tidak salah. Untuk proses pemasteran burung Murai Batu, time Jagadtani akan membahas pada artikel selanjutnya.

 

 

 

 

 

Related News