• 27 April 2024

SFV Bangsring Dikembangkan Jadi Pusat Eduminawisata

uploads/news/2024/01/sfv-bangsring-dikembangkan-jadi-61465d22cfb38c8.jpeg

Pengembangan Smart Fisheries Village (SFV) yang menggabungkan konsep edukasi perikanan dan edukasi pariwisata di Kawasan Grand Watudodol, Bangsring, Banyuwangi dilakukan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan (BPPSDM).

Dalam pengembangan tersebut, Kepala BPPSDM I Nyoman Radiarta menjelaskan bahwa pengembangan Eduminawisata tersebut saat ini diwujudkan melalui keberadaan Coral Centre, Website SFV Bangsring, serta Rumah Apung yang diharapkan dapat menjadi sarana edukasi dan wisata perikanan dengan konsep one stop services.

Nyoman menyebut bahwa Coral Centre merupakan icon terbaru di SFV Bangsring yang diharap dapat menjadi daya tarik pengunjung untuk lebih mengenal beragam jenis, cara budidaya dan informasi terkait terumbu karang yang terdapat di laut perbatasan Pulau Jawa dan Pulau Bali seperti Acropora Aspera, Anacropora Forbesi, Astreopora Listeri, hingga Montipora Aequituberculata. Selain itu, Coral Centre ini juga memiliki beraneka koleksi, 21ap biota laut seperti ikan Badut, ikan Blue Tang, ikan Botana Kacamata, ikan Moris Idol, ikan Emperor Angelfish, ikan Lionfish hingga anemon laut.

“Coral Centre di SFV Bangsring menjadi komitmen kami dalam melestarikan ekosistem laut dan promosi keindahan terumbu karang serta ikan hias di perairan Selat Bali. Para wisatawan dapat melihat keindahan terumbu karang hasil budidaya Coral Centre di bawah laut Grand Watudodol melalui kegiatan snorkling atau menikmatinya dengan menaiki bottom glass boat,” tutur Nyoman pada Ekspose SFV Bangsring pada akhir Desember 2023.

Nyoman menambahkan bahwa selain menjadi wahana pengenalan ekosistem biota laut di perairan Selat Bali, Coral Centre juga menjadi pusat pembelajaran tentang pelestarian terumbu karang dan juga edukasi terkait dampak sampah plastik terhadap laut, yang dapat merusak ekosistem laut. Karenanya Coral Centre dilengkapi dengan sarana informasi yang dapat diakses dengan mudah.

Lebih lanjut, Nyoman mengungkapkam bahwa untuk kemudahan akses informasi eduminawisata SFV Bangsring, saat ini dikembangkan website resmi SFV Bangsring https://sfvbangsring.com/, yang pengembangannya dibantu oleh Sekolah Tinggi Ilmu Komputer (STIKOM) PGRI Banyuwangi. Website tersebut menyediakan beragam informasi dan edukasi komprehensif tentang kekayaan kuliner, sejarah, dan objek wisata di wilayah Bangsring, menjadi sumber informasi bagi wisatawan lokal maupun internasional yang ingin menjelajahi keajaiban Banyuwangi.

"Saat ini kami juga terus kembangkan fitur E-commerce, khususnya untuk mendukung Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) lokal. Langkah strategis ini bertujuan untuk meningkatkan pemasaran produk kuliner lokal dan kerajinan tangan, memberikan peluang ekonomi bagi masyarakat", ujar Nyoman.

SFV Bangsring juga memiliki Rumah Apung yang dapat digunakan sebagai lokasi budidaya lobster, konservasi dan eduwisata bahari. Keberadaan rumah apung tersebut juga menjadi sarana edukasi wisata yang bersifat interaktif seperti wisata memberi pakan pada beraneka koleksi ikan hias.

Secara khusus Nyoman juga menyampaikan apresiasinya atas paran serta dan dukungan Penyuluh Perikanan dan para mitra kerja sama yang terus berkolabirasi dalam pengembangan SFV Bangsring ini. Nyoman berharap dengan berbagai fasilitas eduminawisata yang ada saat ini, SFV Bangsring dapat berkontribusi positif dalam upaya edukasi masyarakat terhadap sektor kelautan dan perikanan sejalan dengan program pengembangan SDM oleh KKP di bawah kepemimpinan Menteri Sakti Wahyu Trenggono.

Related News