• 27 April 2024

Kunjungi Salatiga Sekaligus Sosialisasi ASPAI Pada Peng'Angguran

Jagadtani - Asosiasi Penggiat Anggur Indonesia (ASPAI) merupakan wadah bagi seluruh penggiat anggur di Indonesia yang tengah mendorong pengembangan anggur. Sebelumnya ASPAI telah sukses menggelar kegiatan Bimtek di Blitar pada akhir tahun lalu, kini tengah melakukan sosialisasi tentang ASPAI di Salatiga - Jawa Tengah.

Kunjungan para petinggi ASPAI yang diwakili oleh Hj.Heriyanto selaku pengawas ASPAI, Mochamad Saefuloh yang akrab dipanggil Ipoel war-wer sebagai ketua II ASPAI, Tanusi - Sekretaris Ketua II ASPAI dan Dedi (Bidang sosmed IG - ASPAI). Dalam kesempatan sosialiasasi yang sekaligus untuk saling pengalaman budidaya Anggur, Ipoel War-wer mengatakan kunjungan kalini merupakan yang kedua kalinya. "Tidak hanya melakukan sosialisasi tentang Asosiasi Penggiat Anggur Indonesia, kami juga mengadakan sharing informasi mengenai pengalaman selama berbudidaya anggur."

Lebih lanjut, Saefulloh a.k.a Ipoel War-wer mengatakan bahwa perkembangan budidaya anggur di Salatiga cukup besar. Konsumen sangat beragam, termasuk budidaya untuk wisata petik anggur secara langsung. Berbagai jenis anggur yang kerap dibudidaya di daerah Salatiga, mulai dari jenis Dixon, Tamaki, Jupiter, Gift of Zaphorozye Viking atau GosV dan anggur Nizina. 

Sosialisasi Asosiasi Penggiat Anggur Indonesia "Sosialisasi Asosiasi Penggiat Anggur Indonesia "
 
"Tanaman anggur di Salatiga memiliki potensi yang sangat besar untuk dikembangkan, tanah di sini cukup subur. Di sini sangat cocok untuk dijadikan urban farming, mini kebun hingga perkebunan anggur yang sangat luas, namun harus menggunakan green house agar pertumbuhan anggur dapat dijaga." ungkpa Ipoel War-wer.

Saat ini, ASPAI telah memiliki 40 DPD yang tersebar di seluruh Indonesia. Di antara DPD tersebut, memang belum semuanya telah terbentuk. Masih ada yang dalam proses atau persyaratan yang belum lengkap. Dengan langkah sosialisasi ASPAI ini bertujuan merangkul para penggiat anggur di Indonesia. 

Petinggi Aspai kunjungi perkebunan anggur di Salatiga "Petinggi Aspai kunjungi perkebunan anggur di Salatiga "
 
Dengan menjadi anggota ASPAI, mereka akan mendapatkan perlindungan hukum untuk setiap anggota yang ingin berbudidaya anggur. Anggota juga akan mendapatkan SOP baku yang di keluarkan aspai dan Kementerian Pertanian. 

"Setiap anggota yang terdaftar dan ingin buka kebun akan mendapatlan hak mengajukan untuk mendapatkan pendampingan dari ASPAI. Anggota juga punya hak mengikuti program - program yang diadakan baik dari pemerintah daerah ataupun pusat yang di wakili oleh DPD nya masing-masing." ungkap Saefullah a.k.a Ipoel War-wer.

Anggur salatiga"Anggur salatiga"
 

Related News