• 1 March 2024

Sarjana Hukum, Sukses Besar Bisnis Budidaya Anggur

 "Penjualan tidak hanya dari bibt dalam media polybag, tetapi juga model tabulampot. Di Lapak Bibit kami juga menyediakan media tanam, pot hingga berbagai kebutuhan untuk tanaman. Prospek budidaya buah anggur masih sangat menjanjikan.'

Jagadtani - Siapa menyangka, Ruslan pemilik Lapak Bibit merupakan seorang sarjana hukum yang justru sukses menggeluti dunia pertanian. Fokus pada pembibitan tanaman anggur, dirinya dapat meraup cuan puluhan juta setiap bulannya.

Mengawali usaha pembibitan pada 2010 dengan mengkhususkan pada bibit buah anggur, durian, alpukat, rambutan dan mangga. Ruslan sebagai pemilik Lapak Bibit yang berada di kelurahan Sukahati, kec Cibinong, Bogor, baru memulai fokus pada bibit anggur di tahun 2011.

50 varietas bibit anggur tersedia di Lapak Bibit - Cibinong "50 varietas bibit anggur tersedia di Lapak Bibit - Cibinong "

Sejak 2011 fokus pada bibit anggur, Ruslan mulai merasakan keberhasilan setelah menjual bibit berbagai varietas hingga minimal sebanyak 700 buah setiap bulannya.

Ruslan yang menyandang gelar S2 hukum, mengenal dunia pertanian dari orang tuanya. "Sebenarnya pendidikan saya sarjana S2 bidang hukum, usaha ini seperti milik orang tua. Pembibitan pohon buah telah saya jalani sejak 14 tahun lalu." Ungkap Ruslan pada tim Jagadtani. 

Ruslan pemilik Lapak Bibit di Cibinong "Ruslan pemilik Lapak Bibit di Cibinong "

Untuk jenis varietas anggur, di Lapak Bibit ini tersedia 50 jenis yang terdiri dari berbagai ukuran. Mulai dari bibit anggur hingga yang telah berada di tabulampot juga dapat dibeli oleh Sahabat Tani.

Dari hasil bisnis bibit buah anggur, Ruslan berhasil membesarkan usahanya hingga menempati area lahan seluas seribu meter persegi. 

"Alhamdulillah, lahan seluas 1.000 meter persegi merupakan salah satu hasil sejak memulai usaha pembibitan anggur. Saat ini pembibitan memiliki potensi yang besar sebagai usaha."

Buah anggur di Lapak Bibit milik Ruslan "Buah anggur di Lapak Bibit milik Ruslan "

Ruslan mengatakan bagi Sahabat Tani yang membeli bibit anggur darinya akan mendapatkan pendampingan sejak menanam hingga pembuahan. "Selain menjual bibit buah anggur, saya juga memberikan pendampingan dalam perawatan. Di sini kami juga membuat pelatihan bagi yang ingin belajar cara menanam anggur." Pungkasnya.

Selain fokus pada pembibitan buah anggur, Ruslan yang dibantu para pemuda di wilayah tersebut, juga menyediakan bibit alpukat varietas unggulan. 

Related News