• 2 May 2024

Cara Memilih Ikan Mas Koki Calon Juara Kontes

"Sebenarnya cara mendapatkan ikan mas koki untuk mengikuti kontes harus jeli, terlebih yang masih usia muda. Banyak faktor yang harus diketahui, bukan hanya sekedar bertanya pada peternak tentang indukannya."

Jagadtani - Prediksi ikan mas koki akan kembali menjadi pilihan bagi penghobi ikan hias air tawar, rasanya sangat tepat. Terlebih dengan kemungkinan rangkaian kontes ikan mas koki berskala nasional akan digelar setelah pemilu 2024. 

Untuk mendapatkan ikan mas koki untuk ikut dalam kontes, ada beberapa faktor harus dipastikan. Untuk mendapatkan jagoan dalam kontes, tim Jagadtani mendapatkan informasi dari Reyner, seorang juri nasional untuk kontes ikan mas koki.

Memilih Ikan Mas Koki juara"Memilih Ikan Mas Koki juara"

"Cara Mudah memang membeli ikan mas koki yang telah jadi atau menang kontes tetapi harga pasti sangat tinggi karena proses dalam memilih hingga merawat sampai berhasil, tidak mudah. Istilahnya investasi yang cukup besar hingga memperoleh ikan mas koki berprestasi." Ungkap Reyner.

Untuk faktor utama yang harus diperhatikan dalam memilih ikan mas koki calon berprestasi atau atau juara kontes adalah postur tubuh. 

Reyner pemilik RR Goldfish dan juri nasional kontes ikan mas koki "Reyner pemilik RR Goldfish dan juri nasional kontes ikan mas koki "

"Postur tubuh dari ikan mas koki yang berusia muda merupakan faktor terpenting. Kalau saya lebih baik postur tubuh yang lebih panjang karena nanti dalam perkembangannya dapat besar dan gemoy." Ujar Reyner.

Lebih lanjut Reyner yang bergabung dalam Komunitas Mas Koki Indonesia mengatakan, sebisa mungkin tidak sekedar menanyakan model indukannya karena pedagang tidak mengetahui detailnya. Berbeda ketika membeli dari peternak ikan mas koki secara langsung karena dapat melihat indukan dari anak ikan mas koki.

Selanjutnya dalam memilih calon ikan mas koki untuk kontes, Sahabat Tani harus memperhatikan bagian ekor hingga sirip bawah maupun atas atau dorsal. 

"Kerapian merupakan faktor terpenting dalam penilaian ikan mas koki sehingga harus dipastikan. Sejak masih kecil, kita harus memastikan ukuran sirip, ekor hingga tubuhnya. Jika sejak masih kecil tidak rapi, nantinya akan semakin berantakan atau tidak seimbang."

Tips ikan mas koki kontes"Tips ikan mas koki kontes"

Reyner mengakui tidak ada yang sempurna, namun paling tidak bisa mendekati agar tidak mengecewakan setelah merawat dalam waktu panjang.

Sedangkan usia yang disarankan oleh Reyner dalam memilih ikan mas koki adalah di atas dua bulan. "Biasanya seleksi para peternak ikan mas koki paling akhir pada usia dua bulan sehingga paling aman memilih calon juara di atas usia tersebut."

Untuk jenis yang dipilih, disarankan sesuai dengan yang paling diminati oleh Sahabat Tani. Begitu juga dengan warna, pasti corak yang seimbang akan memiliki nilai tersendiri 

Ikan mas koki"Ikan mas koki"

Setelah mendapatkan ikan mas koki calon juara kontes, kunci terakhir adalah perawatan. Tanpa disertai perawatan yang benar dengan memperhatikan kondisi air, pasti hasilnya kurang memuaskan. 

Harga ikan mas koki relatif stabil, atau tidak mengalami penurunan karena saat ini sangat sulit mendapatkan hasil budidaya dengan kualitas bagus. "Mungkin genetika dari ikan mas koki yang saat ini mulai terpecah sehingga biasanya dari ribuan anakan, mungkin hanya puluhan ekor yang memiliki kualitas unggul." Pungkas Reyner.

 

Related News