• 4 May 2024

Sukahati, Kampung Pembibitan Penangkal Global Warming

"Isu Global Warming tidak dapat dipungkiri seiring pembangunan yang terjadi di perkotaan, termasuk di daerah penyangga, seperti Cibinong sehingga penghijauan menjadi bagian terpenting."

Jagadtani - Dampak pemanasan global mulai dirasakan di tengah pembangunan sehingga penghijauan langkah terbaik yang harus dilakukan oleh masyarakat hingga pihak terkait. 

Namun dengan mulai berkembangnya pemukiman membuat lahan penghijauan semakin tergeser, bahkan mulai menghilang. Dan tidak hanya terjadi di perkotaan besar, namun juga merambah ke daerah penyanggah, seperti Cibinong - Bogor. 

Beruntung, di Cibinong yang tepatnya di kelurahan Sukahati masih terdapat banyak area hijau. Bahkan kelurahan ini telah dikukuhkan sebagai kampung pembibitan. 

Noer Madya Eka Jr sebagai kepala desa Sukahati"Noer Madya Eka Jr sebagai kepala desa Sukahati"

Dari hasil pertemuan singkat tim Jagadtani dengan Noer Madya Eka Jr sebagai kepala desa Sukahati, mengatakan kampung pembibitan sangat membantu dalam penghijauan. 

"Wilayah Cibinong sebagai daerah penyanggah kota besar sehingga adanya kampung pembibitan sangat membantu. Terlebih pembangunan di wilayah ini merupakan pemukiman sehingga area penghijauan sangat dibutuhkan." Tutur Lurah Sukahati - Noer Madya Eka Jr .

Lebih lanjut, dikatakan dulu masih bisa merasakan kabut di pagi hari, Sedangkan saat ini sangat jarang dikatakan karena dampak global warming. "Seiring pembangunan, pemanasan global sangat dirasakan. Dulu ketika masih SD, masih bisa merasakan kabut di pagi hari, kini telah menghilang." Ujar Lurah yang kerap menemui memantau langsung proses pembangunan di wilayahnya.

Di desa Sukahati yang terdiri dari 19 Rukun Warga dengan terbagi 124 Rukun Tetangga memiliki lebih dari 30 Kelompok Tani. Berbagai jenis bibit tanaman, termasuk buah-buahan hingga tanaman lainnya terdapat di desa ini.

Bibit anggur di Lapak Bibit milik Ruslan "Bibit anggur di Lapak Bibit milik Ruslan "

Salah satu bibit yang diunggulkan adalah bibit buah-buahan, termasuk bibit anggur dan alpukat. Khusus untuk bibit alpukat, rencananya akan penanaman seribu pohon yang digawangi oleh Ruslan bersama kawan - kawan.

Dengan adanya kampung pembibitan di desa Sukahati yang sangat didukung pemerintah daerah dapat menjadi penangkal Global Warming. Dengan kata lain, kampung pembibitan sangat membantu penghijauan. "Jika penyanggah kota tidak ada area penghijauan, tentu dampak pemanasan global sangat dirasakan oleh masyarakat. Kesehatan masyarakat juga dipastikan terkena dampaknya." Pungkas Noer Madya Eka Jr.

 

Related News