• 28 April 2024

Dua Mesin Traktor Tangan Andalan Honda Power

Penerapan teknologi pada dunia pertanian menjadi kunci dalam meningkatkan kualitas hingga mempermudah kinerja Sahabat Tani. Namun tentunya teknologi melalui mesin pertanian harus menggunakan peralatan yang berkualitas agar memperpanjang usia pemakaian sehingga keuntungan semakin dirasakan dibandingan menggunakan sistem manual. 

Berbagai pabrikan hadir memenuhi kebutuhan Sahabat Tani, termasuk dari merek yang telah terkenal di dunia otomotif atau transportasi. Salah satunya pabrikan Honda yang menghadirkan berbagai mesin untuk di dunia pertanian.

Melalui Honda Power, diklaim Sahabat tani dapat merasakan berbagai keuntungan, seperti kapasitas kerja meningkat sehingga intensitas tanam dan jangkauan tanam menjadi lebih luas. Kualitas pertanian meningkat sebab terjaminnya ketepatan dan proses serta mutu produk pertanian. 

Keuntungan lainnya dengan menggunakan Honda Power, produktivitas meningkat karena dukungan alat dapat mempercepat kerja dan tentunya Sahabat Tani berperan dalam pertumbuhan sektor pertanian dari sisi industri dan teknologinya. 

Berbagai mesin pertanian yang dihadirkan Honda Power untuk dunia pertanian, meliputi Cultivator, pompa air, mesin tempel (untuk perahu) maupun mesin potong rumput. Khusus untuk Cultivator merupakan mesin traktor kecil yang juga kerap disebut traktor tangan. 

Honda Power untuk pasar pertanian Indonesia menghadirkan dua tipe mesin Cultivator, yakni Tiller-F300 dan Cultivator-FJ500. Kedua tipe tersebut dapat digunakan oleh Sahabat Tani yang menyesuaikan kebutuhannya.

Pastinya Cultivator memiliki keunggulan yang dapat digunakan Sahabat Tani dalam mengolah tanah persawahan. Berkat penggunaan Cultivator, dipastikan para petani akan terbantu dalam menjaga kesuburan tanah dan menyederhanakan proses pekerjaan.

Honda Cultivator FJ500

Cultivator Honda FJ500 yang bertujuan memenuhi kebutuhan petani telah dilengkapi mesin 4-tak tipe GX160 dengan tenaga mencapai 5,5Hp. Mesin berbahan bakar bensin akan terhubung pada sistem transmisi dengan dua percepatan untuk maju dan satu gigi mundur. 

Untuk area kerja, Honda Cultivator - FJ500 memiliki lebar area kerja 550mm dengan roda transportasi yang dapat disesuaikan. Sementara untuk dimensi axle rotary (pxlxt) 1450x920x950 mm dengan dimensi roda karet 1450x595x970 mm.

Honda Cultivator-FJ500"Honda Cultivator-FJ500"
 
Honda juga memberikan pilihan untuk menambahkan Ridger, Star Rotor dan Miracle Rotor. Tentunya dengan penggunakan Cultivator FJ500 buatan Honda, diharapkan dapat menjangkau area persawahan yang tidak memungkinkan menggunakan traktor besar dalam mengolah area pertanian. 

Honda Tiller F300

Mesin Tiller-F300 sengaja mengusung disain yang membantu pekerjaan petani dalam mencabut gulma di berbagai lahan perkebunan. Berbagai jenis tanaman dapat menggunakan mesin Cultivator ini, termasuk tebu, pisang, bunga dan lain sebagainya.

Honda Tiller-F300"Honda Tiller-F300"
 
Cultivator Tiller-F300 mengunakan mesin 4 tak GX80D, OHV (Over Head Valve), dan pendingin udara untuk kinerja mesin yang optimal. Hasil dari mesin tersebut dapat menghasilan tenaga tenaga maksimum 2.0 HP dengan torsi 4.5 Nm/2.500 rpm. 

Sementara sistem pengapiannya menggunakan Transistor Magneto Ignition yangsamat dengan Honda FJ500, dipastikan akan menghasilkan tenaga, tetapi tetap berjalan efisien dan optimal. 

 Dapat dipastikan, penerapan teknologi pada swasembada beras akan mempermudah pekerjaan petani hingga memperoleh hasil melimbah pada musim panen.

Related News