• 28 February 2024

Mengenal Fungsi Cultivator Bagi Pertanian

uploads/news/2024/01/cultivator-honda-80889cbb574c6e5.jpg

Beragam teknologi dalam menunjang pertanian telah dikembangkan, tentunya tetap harus menyesuaikan kebutuhan dan juga kondisi area lahan. Termasuk peralatan pertanian yang disebut Cultivator dengan kemampuan mengolah tanah sekunder.

Fungsi cultivator sangat berbeda dengan mesin pertanian 'Garu' yang dapat mengaduk permukaan tanah hingga bagian dalam. 

Sedangkan kemampuan cultivator yang terdapat komponen cakram dan gigi berukuran lebih kecil sehingga dapat bekerja dengan lebih hati-hati sehingga tidak mengganggu tanaman pertanian di sekitar lahan yang diolah.

 Secara detail, berikut Fungsi cultivator pada dunia pertanian yang dilansir dari Honda Power:

Cultivator dapat mengolah tanah

Kemampuan Cultivator dapat digunakan untuk mengolah tanah sekunder seperti mengaduk tanah, memperbaiki aerasi tanah, menghancurkan gulma dan mengatur tanah agar sesuai dengan persyaratan tanaman.

Cultivator berfungsi menghancurkan gulma

Penggunaan cultivator dapat menghancurkan gulma atau memberantas tanaman pengganggu di sekitar tanaman agar tidak terjadi kompetisi nutrisi dan air dengan tanaman yang mengurangi hasil panen.

Cultivator berkemampuan menyiangi tanah

Cultivator juga berguna untuk menyiangi tanah sebelum penanaman dengan membuat lubang tanam dan tanah menjadi lebih rapat untuk tanaman.

Cultivator menyederhanakan proses.

Alat ini dapat digerakkan dengan traktor atau sumber tenaga penggerak lain, sehingga membuat proses menjadi lebih cepat dan efisien.

Cultivator dapat menjaga kesuburan tanah: 

Cultivator dapat digunakan untuk membuat tanah lebih subur dengan mencampurkan tanah yang kaya nutrisi ke tanah yang kurang subur.

Cultivator lebih efisien mengurai proses manual

Proses pengerjaan sistem manual dapat dikurangi dengan penggunaan cultivator, sebagian besar pekerjaan mengolah tanah harus dilakukan secara manual yang pastinya akan memakan waktu sangat panjang.

Dengan penjelasan singkat tentang Fungsi cultivator, diharapkan Sahabat Tani dapat mempermudah dan mempersingkat pengerjaan bertani dengan cultivator.

Cultivator sangat membantu pekerjaan para petani untuk menjaga kesuburan tanah dan menyederhanakan proses kerja pertanian. 

Related News