• 11 May 2024

Penanaman Dan Sosialisasi Alpukat TA21 Sukahati Cibinong

Jagadtani - Dalam peringatan enam tahun Kelompok Tani Tunas Hijau Sukahati, digelar kegiatan Sukahati menanam 1000 pohon bibit alpukat dan markisa Madu. Pada waktu yang sama juga menjadi sarana sosialisasi alpukat TA21 Sukahati. 

Kegiatan yang dihadiri Drs. Acep Sajidin M.Si sebagai camat Cibinong, Noer Madya Eka Jr - Lurah Sukahati beserta jajarannya dan dinas holtikultura Kementerian Pertanian bertempat di kantor kelurahan Sukahati, Selasa (09/01).

Dalam sambutannya, Alhamdulillah dalam memperingati hut keenam Kelompok Tani Tunas Hijau Sukahati dapat membagikan bibit pohon alpukat TA21 Sukahati. "Saya mengapresiasi kegiatan ini, semoga penyebaran bibit pohon ini bisa tersebar se Kecamatan Cibinong. Terlebih pada waktu lampau, daerah Cibinong memiliki banyak tanaman buah-buahan. Dengan banyak keunggulannya, alpukat TA21 Sukahati dapat menarik untuk ditanam di pekarangan rumah." Ungkap Acep Sajidin. 

Penanaman Dan Sosialisasi Alpukat TA21 Sukahati"Penanaman Dan Sosialisasi Alpukat TA21 Sukahati"

Lebih lanjut, Noer Madya Eka Jr mengatakan di kelurahan Sukahati terdapat 34 Kelompok Tani dan 90 pembibit sehingga dapat dikatakan menjadi Kelompok Tani terbanyak di Bogor. Salah satu bibit buah yang diunggulkan adalah bibit buah alpukat TA21 Sukahati. "Bibit ini pertama kali dikembangkan dan berhasil hanya di kelurahan Sukahati untuk di Indonesia sehingga sangat membanggakan keberhasilan dalam keberhasilan ini. Dengan. Pembagian bibit pohon alpukat TA21 Sukahati secara gratis, harapannya dapat menjadi indukan dan menghasilkan sesuai harapan bersama."

Selain menyerahkan seribu bibit pohon alpukat TA21 Sukahati dan markisa, secara simbolis Lurah Sukahati melakukan penanaman kedua bibit pohon tersebut di depan kantor kelurahan Sukahati. 

Daging buah alpukat TA21 Sukahati "Daging buah alpukat TA21 Sukahati "

Alpukat TA21 Sukahati merupakan alpukat unggulan kampung pembibitan Sukahati. Alpukat yang berasal dari Vietnam dibagikan pada petani pada tahun 2018. Namun perkembangan hanya di Sukahati yang berhasil ditanam di pekarangan rumah - rumah warga sehingga diberi nama tambahan Sukahati. 

Keunggulan alpukat TA21 Sukahati 

  • Daging buah berwarna kuning dengan cita rasa legit atau pulen
  • Dompol buah sangat lebat yang dapat mencapai belasan buah
  • Sangat genjah
  • Termasuk buah premium dengan harga jual tinggi
  • Kulit buah tebal sehingga tahan terhadap serangan lalat buah
  • Berbuah lebat dengan bunga yang tidak mudah rontok
  • Dapat berbuah dengan baik pada dataran rendah hingga tinggi
  • Percabangan kokoh dan proposional
  • Pesentasi keberhasilan sambungan sangat tinggi mencapai 95%

 

Related News