• 1 March 2024

Guru SMP, Sukses Bisnis Pembibitan Ikan Konsumsi

"Awalnya pembesaran ikan lele, tetapi karena lebih banyak permintaan bibit ikan pada masa pandemi Covid-19 membuat saya lebih menyediakan bibit ikan konsumsi."

Jagadtani - Telah menekuni pekerjaan sebagai guru Sekolah Menengah Pertama (SMP), ternyata jiwa untuk membuka usaha membuat Febri Setiawan mendirikan Kelana Farm. 

Kelana Farm yang berada di daerah Rawa Belong, Jakarta Barat, telah berdiri sejak 2016. Awalnya lebih fokus pada pembesaran ikan Lele, tetapi mulai bergeser ketika permintaan bibit ikan konsumsi, khususnya ikan lele pada masa pandemi Covid-19. 

"Usaha ini sebenarnya hasil dari take over adik ipar karena dia beralih ke dunia usaha lainnya. Sejak 2016, saya menekuni usaha ternak ikan konsumsi hingga mulai beralih ke penyedia bibit ikan. Ungkap guru SMP Al Bayan Islamic School ini.

Febri Setiawan bersama rekannya "Febri Setiawan bersama rekannya "

Sebenarnya Febri Setiawan kurang memahami tentang dunia perikanan, tetapi niat besarnya dengan belajar dari peternak lainnya untuk menekuni berbuah manis hingga saat ini. 

"Dulu saya belajar dari peternak di tempat membeli bibit, saya mengaku langsung agar diberikan ilmu cara beternak ikan konsumsi." Ungkap Febri Setiawan.

Lebih lanjut, guru SMP yang mengajar pelajaran IPS ini mengakui usaha sebagai penyedia bibit ikan konsumsi mengalami pasang surut. "Alhamdulillah usaha tetap berjalan, walau ada pasang surutnya. Tetapi dengan dukungan teman dan komunitas dapat bertahan hingga sekarang."

Febri Setiawan menyiapkan pesanan bibit ikan lele"Febri Setiawan menyiapkan pesanan bibit ikan lele"

Ketika ditanya untuk pembagian waktu antara mengajar dan mengurus peternakannya, Febri Setiawan mengatakan bahwa dirinya dibantu oleh dua rekannya. "Saya biasa mengontrol kondisi kolam ikan pada pagi hari, perawatan di bantu dua orang teman. Termasuk pengiriman bibit ikan ke pembeli."

Saat ini, sistem penjualan Kelana mengandalkan dari lini masa dan komunitas ikan konsumsi. "Selain dari google, saya juga mengandalkan dari teman-teman dan juga wali murid." Pungkas Febri Setiawan pada tim Jagadtani.

 

Related News